Ilustrasi/Youhadmeatmakeup
Konsultasi Fashion

KONSULTASI CANTIK: Cara Membuat Makeup Tahan Lama

Andhina Wulandari
Jumat, 8 Mei 2015 - 16:26
Bagikan

Halo,

Saya mau bertanya tentang bagaimana caranya membuat makeup tahan lama? Terima kasih.

Widya Alkarana ([email protected])

Jawab:

Halo Widya. Tinggal di wilayah tropis seperti Indonesia memang bisa membuat makeup lebih cepat luntur, karena panas dan keringat. Tapi ada beberapa trik yang bisa kamu terapkan agar makeup atau riasan wajah lebih tahan lama.

Pertama, pilih dasar makeup yang baik. Sebelum memakai foundation atau dasar makeup lainnya yang lebih ringan, seperti CC Cream dan BB Cream, awali dulu dengan menggunakan primer.

Pilih primer dengan kandungan oil-free alias bebas minyak, supaya penampilan wajah bebas dari kilap. Sapukan primer setelah pelembap dan krim SPF, baru setelah itu kamu bisa lanjutkan dengan foundation.

Kedua, pilih jenis krim ketimbang jenis powder. Untuk pemilihan eyeshadow dan blush on, coba pilih jenis krim ketimbang jenis powder karena biasanya jenis krim lebih tahan lama.

Untuk blush on, kamu juga bisa menggunakan trik menumpuk dua jenis blush on. Sapukan terlebih dahulu blush on jenis krim, baru kemudian sapukan blush on jenis powder. Jika terlihat terlalu tebal, ambil kuas besar dan sapukan bedak tabur di atasnya untuk tampilan natural.

Ketiga, pilih makeup tahan air. Riasan bagian mata biasanya paling mudah luntur, karena kulit bagian kelopak mata mudah berminyak. Karena itu, untuk eyeliner dan maskara, sebaiknya pilih yang jenisnya waterproof atau tahan air. Bedakan dengan produk yang berjenis water resistant.

Produk water resistant biasanya akan bertahan jika terkena sedikit air, namun jika digosok warnanya akan pudar. Berbeda dengan waterproof yang biasanya tahan lebih lama meski terkena air bahkan bila digosok.

Eyeliner jenis cair dan gel akan lebih tahan lama ketimbang yang jenis pensil, jadi sebaiknya kamu memilih eyeliner jenis cair atau gel jika ingin riasan tahan lama.

Hati-hati juga dengan produk waterproof, terutama saat membersihkan area sekitar mata. Gunakan pembersih khusus mata untuk mengangkat kosmetik waterproof, teteskan pada kapas, lalu kompres mata dengan kapas yang sudah dibasahi hingga riasan terangkat.

Jangan terlalu keras menggosok mata, karena bisa membuat area tersebut mudah iritasi dan kering.

Keempat, untuk penggunaan lipstik pilihlah yang jenis matte. Lipstik jenis matte biasanya lebih tahan lama ketimbang lipstik jenis creamy atau glossy.

Kamu juga bisa menggunakan pewarna bibir jenis lip stain yang bisa tahan lebih lama dan terlihat natural di bibir. Jangan lupa gunakan lip balm sebelum menggunakan pewarna bibir agar bibir kamu tetap lembap dan sehat. Semoga saran ini membantu. (Bisnis.com)

 

Bagi Anda yang ingin berkonsultasi seputar padu padan busana dan kecantikan, kirimkan pertanyaan melalui email ke [email protected] dengan subject: KONSULTASI FASHION.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro