Anak penderita kanker/medicalindiatourism.com
Health

5 Kendala Pengobatan Kanker di Indonesia

Wan Ulfa Nur Zuhra
Jumat, 15 Mei 2015 - 13:05
Bagikan

Bisnis.com, Singapura— Kanker bukan lagi penyakit langka. Sepanjang 2014, terdapat 347.792 kasus kanker di Indonesia, dan dari jumlah itu, kanker payudara merupakan yang terbanyak. Namun, perawatan kanker itu sendiri masih memiliki sejumlah hambatan.

Iwan Dwiprahasto, Ketua Divisi Pharmaceopidemiology dan Pharmacoeconomics UGM, mengatakan setidaknya ada enam tantangan dan hambatan untuk perawatan kanker di Indonesia, dan persoalan itu harus segera dicarikan solusinya.

“Indonesia ini negara kepulauan dengan luas wilayah yang cukup kompleks. Kendala utama tentu soal akses,” ujarnya dalam seminar tentang kanker yang digelar Novartis Oncology di Singapura, Kamis (14/5/2015).

Iwan menjelaskan, kendala pertama adalah soal minimnya program deteksi kanker sejak dini. Banyak penderita kanker yang mengetahui penyakitnya ketika sudah masuk stadium lanjut. Sementara, kanker yang memasuki stadium lanjut sangat sulit. Bahkan tidak bisa disembuhkan. Pada akhirnya, pengobatan hanya untuk bertahan hidup dalam jangka waktu tertentu.

Kendala kedua, lanjut Iwan, adalah sulitnya akses terhadap diagnosa yang komprehensif. Banyak rumah sakit di berbagai daerah yang tidak memiliki fasilitas mumpuni untuk diagnosikanker.

“Tidak hanya itu, ketiga, biaya diagnosis itu sendiri juga sangat mahal,” katanya.

Fenomena

Selain itu, Iwan menyebut ada fenomena para penderita kanker mendatangi klinik herbal yang mengklaim bisa mengobati kanker. Akan tetapi, yang dihilangkan hanyalah rasa sakit. Sedangkan, sel kankernya masih bersemayam di tubuh pasien.

“Ketika para pasien menyadari dan datang ke rumah sakit, semuanya sudah terlambat,” jelas Iwan.

Fenomena tersebut, sambungnya, merupakan dampak dari hambatan kelima, yakni mahalnya harga obat kanker. Ada yang  200-an ribu per butir dan sehari harus dimakan tiga kali. Itu artinya untuk bertahan hidup sebulan, dibutuhkan sekitar Rp18 juta.

Terakhir, adalah tidak tersedianya obat-obat kanker tersebut di seluruh pelosok negeri. Menurut Iwan, perusahaan farmasi hanya menyediakan obat di kota-kota besar, tidak di seluruh wilayah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro