Ilustrasi/science.howstuffworks.com
Health

Mulai Usia 30, Tubuh Alami Kemunduran

Duwi Setiya Ariyanti
Kamis, 21 Mei 2015 - 16:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Menginjak usia ke 30, secara alami tubuh mengalami penurunan kemampuan fungsi organ sebanyak 0,75% sampai dengan 1% setiap tahunnya.

Ketua Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI) Siti Setiati mengatakan hal itu secara alami terjadi. Setelah fase anak-anak yang ditandai dengan pertumbuhan dan perkembangan tubuh, pada usia 30 tahun tubuh mulai mengalami penurunan.

Kendati demikian, penurunan kemampuan bisa muncul dalam berbagai bentuk dan berbeda di setiap orangnya.

"Mulai degenerasi usia 30 ada penurunan 0,75% sampai 1% fungsi tubuhnya pertahunnya. Itu sangat general dan tidak bisa disamakan," ujarnya dalam acara seminar media peringatan Hari Lansia di Doubletree Hotel, Jakarta, Kamis (21/5/2015).

Lebih lanjut, banyak faktor yang mempercepat atau membuat semua tanda penurunan fungsi tubuh terlihat. Beberapa faktor yang berkontribusi lebih besar yaitu pola makan dan aktivitas fisik.

"Perannya yang paling banyak dari eksternal yaitu lifestyle. Seperti asupan nutrisi dan aktivitas fisik," katanya.

Selain itu, faktor lainnya yang juga turut andil mempercepat proses penuaan yang ditandai dengan kemunduran kemampuan fungsi organ tubuh yaitu kebiasaan merokok dan paparan polusi.

Dilihat dari organnya, otot lebih cepat menurun kemampuannya dibandingkan dengan otak. Oleh karena itu, aktivitas fisik dan keadaan emosi yang sehat efektif memperlambat kemunduran fungsi otot dan otak.

"Otot lebih cepat menurun. Otak bertahan lebih lama kalau diasah terus," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro