Ilustrasi/Futuretimeline.net
Health

5 Infeksi yang Kerap Diidap Lansia

Duwi Setiya Ariyanti
Kamis, 21 Mei 2015 - 17:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Orang lanjut usia (lansia) lebih rentan terhadap infeksi. Berikut lima infeksi yang kerap diidap lansia.

Ketua Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI) Siti Setiati mengatakan usia di atas 75% lebih rentan terhadap infeksi yaitu sebanyak 23%.

Adapun, lima jenis infeksi yang lebih berpeluang menyerang orang lansia. Infeksi pertama yang kerap menyerang orang lansia adalah infeksi saluran kencing. Diabetesi, katanya, lebih rentan terhadap penyakit ini.

"Infeksi saluran kencing nomor pertama yang rawan terhadap lansia," ujarnya dalam seminar media peringatan hari lansia di Doubletree Hotel, Kamis (21/5/2015).

Lebih lanjut, infeksi kulit, infeksi paru-paru, infeksi saluran pernafasan berupa influenza, dan infeksi saluran cerna. Oleh karena itu, penting bagi orang lansia diberikan vaksin sebagai cara pencegahan.

Bahkan, orang lansia jangan sampai terkena flu. Berawal dari flu, orang lansia bisa terserang pneumonia. Kemampuan fungsi organ, daya tahan tubuh yang menurun, penurunan kecepatan untuk menanggapi obat justru memperburuk kondisi orang lansia.

"Penyakit penyerta mempermudah terkena infeksi. Semua mempermudah infeksi," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Satuan Tugas Imunisasi Dewasa Samsuridjal Djauzi mengatakan imunisasi untuk orang dewasa belum dianggap sebagai hal yang penting. 

Menurutnya, biaya vaksinasi yang tergolong mahal dan belum masuk dalam daftar tanggungan asuransi membuat banyak orang lansia belum tersentuh.

"Tantangan imunisasi dewasa dibayar sendiri mudah murahan dengan BPJS bisa semakin ringan, pemahaman masih kurang. Padahal, di Australia 1993 lebih dari 80% cakupannya," katanya.

Adapun, untuk imunisasi influenza paling tidak dilakukan setahun sekali. Sedangkan, untuk pneumokokus atau vaksin pneumonia dilakukan 5 tahun sekali.

"Vaksin influenza satu tahun sekali dan pneumokokus 5 tahun sekali," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro