Ilustrasi/Ruixinxin
Konsultasi Fashion

KONSULTASI CANTIK: Kulit Sensitif, Tapi Ingin Pakai Makeup

Andhina Wulandari
Jumat, 22 Mei 2015 - 14:45
Bagikan

Salam kenal,

Bagaimana caranya saya bisa berdandan, walaupun kulit saya sensitif terhadap makeup? Terima kasih.

Sri Mawarni, Banjarmasin ([email protected])

Jawab:

Salam kenal juga. Untuk pemilik kulit sensitif memang harus hati-hati dalam memilih kosmetik atau makeup. Untuk produk perawatan kulit pun, kamu juga harus bisa lebih teliti dalam memilihnya.

Saya sarankan kamu memilih kosmetik yang hypoallergenic. Produk ini biasanya jarang menimbulkan reaksi alergi. Perhatikan pula kandungan yang terdapat dalam produk yang kamu pakai, semakin sedikit kandungannya maka semakin baik.

Untuk mengetahui apakah kamu alergi akan satu produk atau tidak, kamu bisa mencobanya dengan mengoleskan sedikit di bagian bawah telinga. Biasanya ini berlaku untuk krim dan losion. Jika terasa gatal, maka produk itu bisa menyebabkan alergi.

Kamu juga bisa memilih produk yang memang dikhususkan untuk kulit sensitif. Jika ingin memakai bedak, saya sarankan memakai bedak jenis tabur ketimbang jenis compact.

Pastikan juga puff atau aplikator bedak yang kamu pakai dicuci secara rutin setiap seminggu sekali. Hal ini untuk menghindari penumpukan bakteri pada puff, yang pada akhirnya bisa berakibat buruk pada kulit kamu.

Cuci dengan air hangat dan sampo bayi yang lembut. Setelahnya keringkan dengan cara diletakkan di atas handuk bersih.

Sebagai pengganti foundation atau alas bedak, kamu bisa memakai BB Cream atau CC Cream yang kandungannya lebih ringan. BB Cream biasanya digunakan oleh mereka yang berada dalam perawatan kulit, sehingga kandungannya lebih ringan ketimbang foundation. Namun kedua produk ini mampu meratakan warna kulit dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Satu hal terpenting yang tidak boleh dilupakan adalah selalu bersihkan wajah sehabis memakai makeup atau usai beraktivitas. Sebaiknya, untuk kulit sensitif juga tidak terlalu sering memakai makeup, jangan memakainya setiap hari. Jadi selama beberapa hari, biarkan pori-pori wajah kamu terbebas dari makeup. (Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro