Edukasi tiroid anak/Natalia Indah
Health

Hipotiroid Kongenital Sebabkan Anak Kekurangan Hormon Tiroid

Natalia Indah Kartikaningrum
Senin, 25 Mei 2015 - 14:25
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR—Aman Bakti Pulungan, Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengatakan, hipotiroid kongenital merupakan sebuah keadaan dimana kerja kelenjar tiroid pada anak menurun atau bahkan tidak berfungsi sejak lahir sehingga bayi tersebut dapat kekurangan hormon tiroid.

“Tentunya gangguan hormon tiroid ini dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan baik fisik maupun mental seperti tubuh cebol, lidah besar, kesulitan bicara hingga keterbelakangan mental,” paparnya di Denpasar, Senin (25/5/2015).

Dia menambahkan, melalui kegiatan edukasi tersebut, pihaknya berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan gangguan tiroid, bagaimana mengenali gejala-gejalanya, dan mengetahui dampak dari gangguan tiroid pada kondisi penderita.

“Lebih dari 1,7 juta orang di Indonesia berpotensi mengalami gangguan tiroid dan jumlah tersebut cukup signifikan bahkan termasuk yang tertinggi di Asia Tenggara. Namun sayangnya, tingkat kesadaran serta pemahaman masyarakat mengenai gangguan tiroid masih rendah,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, setiap bayi yang lahir perlu melakukan skrining hipotiroid kongenital untuk mengantisipasi terjadinya gangguan tiroid. Bahkan sudah ada pula permenkes mengenai skrining tersebut dan pemerintah daerah pun harus menggalakkan dan melakukannya.

"Gangguan tersebut merupakan masalah baru dan tantangan baru. Pemerintah pun perlu menyediakan program skrining ini pada setiap rumah sakit yang ada didaerahnya agar dapat mengoptimalkan potensi tumbuh kembang seorang anak dan menyelamatkan generasi kita selanjutnya," lanjutnya.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) bersama dengan Merck Indonesia melakukan edukasi mengenai gangguan tiroid pada bayi atau anak-anak yaitu hipotiroid kongenital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro