Menu baru dari Ippudo Ramen/JIBI-Duwi Setiya Ariyanti
Fashion

Ini Teknik Menyantap Ramen Ala Masyarakat Jepang

Duwi Setiya Ariyanti
Selasa, 26 Mei 2015 - 18:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Suka menyantap ramen? Berikut ini teknik menikmati ramen ala masyarakat Jepang.

Operation Consultant for Ippudo Indonesia Takashi Mikami mengatakan di Jepang, ramen dinikmati dengan cara yang khas. Dalam bahasa Jepang teknik menyantap ramen disebut zuzutto.

Adapun, teknik ini merupakan cara khas untuk menikmati dan mengapresiasi ramen. Zuzutto dilakukan dengan cara menyeruput helaian mi ramen dan menimbulkan suara keras saat mi ditarik ke dalam mulut melalui satu tarikan.

"Makan ramen dilakukan dengan zuzutto atau mi diseruput dan mengeluarkan suara," ujarnya dalam peluncuran menu baru Ippudo di Pacific Place, Jakarta, Selasa (26/5/2015).

Bagi beberapa orang, menyantap makanan dengan menimbulkan suara menjadi hal yang tak biasa atau terkesan tidak sopan, tapi di Jepang justru sebaliknya. Menyeruput ramen dengan suara berisik justru memperlihatkan bahwa ramen yang disantap itu terasa nikmat.

Langkahnya, kata Takashi, ambil beberapa helai mi dengan sumpit. Setelah itu, mulailah menarik mi dengan mulut melalui satu tarikan dan "slurrrp" mi bercampur kuah menyatu di dalam mulut yang penuh. Untuk menciptakan sensasi lain, campurkan topping dan mi sebelum kembali melakukan zuzutto.

Sensasi lembut saat ramen, topping dan kuah meluncur di kerongkongan disebut nodogashi. Kendati demikian, zuzutto harus dilakukan saat mangkuk ramen tiba di meja. Jangan biarkan ramen menjadi dingin karena saat itu pula kelezatan ramen berkurang.

"Ramen harus dinikmati saat panas. Jangan biarkan menjadi dingin," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro