Pasangan suami istri/boldsky.com
Relationship

Tips Jaga Harmonisasi Karena Gaji Istri Lebih Tinggi

Ipak Ayu H Nurcaya
Minggu, 31 Mei 2015 - 01:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Persoalan gaji istri yang leih tinggi daripada suami dalam sebuah rumah tangga terkadang melahirkan beberapa persoalan tersendiri.

Psikolog sekaligus pemilik Ahmada Consulting, Rima Olivia Rima memberikan beberapa tips agar keharmonisan tetap terjaga. Hal-hal yang harus dipahami adalah komunikasi yang sumbernya adalah kepercayaan, keterbukaan, apresiasi, respek dan saling menghargai.

Jika sudah berlandaskan kepercayaan, maka keterbukaan terhadap keadaan keuangan menjadi keniscayaan yang akan terjadi. Kemudian jaga keterbukaan komunikasi melalui berbagai hal, termasuk keuangan.

Buat perencanaan berdasarkan apa yang dianggap penting bagi keluarga. Sehingga pos-pos yang tidak umum, misalnya membantu salah satu pihak keluarga lebih besar karena keadaanya perlu dibantu. Hati-hati hal ini juga dapat menjadi sumber masalah rusaknya keharmonisan.

Namun, jika sudah timbul masalah jangan langsung mengambil keputusan yang buruk. Lakukan evaluasi, untuk melihat apakah pos untuk sedekah, perlu ditambah menjadi pengeluaran rutin. Menghormati kesepakatan tentang keuangan ini seperti menjalani kesepakatan lainnya. Artinya, jika tidak dipatuhi, akan merusak pada diri sendiri dan pasangan. 

Setelah melakukan evaluasi langkah selanjutnya adalah memantau pengeluaran. Dengan hasil evaluasi dan pantauan terhadapa pengeluaran, kita akan menjadi tahu, seberapa dekat kita dengan tujuan-tujuan yang kita ciptakan, misalanya dengan liburan, berhaji atau mengganti mobil baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro