Ilustrasi/Oneclickbeautycare
Fashion

Ini Cara Membersihkan Kuas Makeup

Duwi Setiya Ariyanti
Rabu, 10 Juni 2015 - 13:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Menggunakan riasan wajah, tetap harus memperhatikan kebersihan peralatannya. Berikut cara membersihkan kuas makeup Anda.

Makeup Artist Bubah Alfian mengatakan paling tidak setiap dua hari sekali kuas yang digunakan terjaga kebersihannya. Meskipun hanya dipakai sendiri, akan lebih baik bila peralatan makeup dalam keadaan bersih.

"Maksimal dibersihkan tiap dua hari untuk kuasnya," ujarnya di Jakarta, belum lama ini.

Untuk membersihkan kuas, tambahnya, bisa menggunakan cairan pembersih khusus. Dengan cara manual, tutur Bubah, bisa juga dilakukan dengan cara merendamnya di air dingin lalu dikeringkan sebelum kembali digunakan.

"Untuk bersihkan kuas, sekarang ada cairan khususnya. Kalau manual, bisa pakai air dingin terus dikeringkan," katanya.

Makeup Artist Ryan Ogilvy mengatakan kuas bisa juga dibersihkan dengan air hangat dan campurkan dengan sampo bayi yang lembut. Cukup sedikit digerakkan agar kotoran yang menempel bisa terlepas. Kendati demikian, jangan terlalu keras menggerakkannya. Pasalnya, bisa membuat rambut-rambut pada kuas rontok.

Kemudian, taruh di atas tisu dengan posisi terbalik. Biarkan terkena angin. Paling aman, kuas dibersihkan saat malam hari. Sehingga, di pagi hari Anda dapat kembali menggunakannya.

"Hangat cukup digoyang taruh di tisu dibalik di gelas. Biar kena angin biasanya sehari semalam. Keringkan pakai handuk atau tisu," katanya.

Bila Anda ingin mendapat kuas yang bersih dalam waktu yang cepat, gunakan tisu basah untuk mengelap seluruh kotoran dan sisa makeup yang menempel. Setelah itu, langsung dikeringkan dengan tisu kering atau dibiarkan terkena angin.

"Kalau urgent, pakai tisu basah bayi. Terus, dikeringkan," katanya.

Kuas, katanya, memang penting untuk membantu aplikasi makeup lebih baik. Selain digunakan untuk memulas pewarna pipi, lipstik, eyeshadow dan eyeliner, kuas juga lebih dipilih agar bedak menutup sempurna.

Menurutnya, penggunaan kuas saat memakai bedak bisa membantu partikel bedak menyatu dengan kulit. Penggunaan kuas, katanya, membuat penggunaan bedak tak terlalu banyak. Alhasil, bedak tidak cepat habis bila diaplikasikan dengan kuas.

"Kalau pakai kuas, partikel bedak tabur masuknya lebih bagus. Jadinya ke-cover banget. Kalau pakai spons, bedak lebih cepat abis," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro