Pengunjung memperhatikan lukisan yang ditampilkan dalam pameran berjudul Hmangku di Bentara Budaya Yogyakarta. Pameran karya seni beberapa perupa muda dari Kelompok Segi Tiga Rupa Tulungagung ini berlangsung hingga 24 Juni 2015./Antara-Regina Safri
Show

Seniman Tulungagung Pamerkan Lukisan Hmangku di Yogyakarta

Yustinus Andri DP
Jumat, 19 Juni 2015 - 00:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Komunitas Segi Tiga Rupa yang terdiri dari sejumlah seniman asal Tulungagung, Jawa Timur, menggelar pamerannya di Bentara Budaya Yogyakarta. Tema Hmangku diangkat dalam pameran yang digelar pada 16-24 Juni 2015 ini.

Para perupa yang tergabung dalam kelompok Segi Tiga Rupa itu, adalah Anang Prasetyo, Anton, Edi Dewa, M. Ruslan, Nurali, Puji Rahayu, Roni, Sigit Priyananto, Sugiyo, Wiji Paminto Rahayu, Yuga Hernawan, dan Sulton Hadiwiyana.

Menurut Kepala Bentara Budaya Yogyakarta Hermanu, tema Hmangku sendiri merupakan representasi dari simbol pengayoman dari pemimpin.

“Pameran ini tak hanya penguasa saja sebagai objeknya, bahkan kiai,empu atau siapa saja yang punya kewajiban mengayomi, ditampilkan sebagai obyek pameran,” katanya melalui siaran pers.

Selain dalam rnagka memamerkan karya-karyanya. Pameran ini juga dimanfaatkan oleh sejumlah pelukis untuk ajang nostalgia kepada Kota Yogyakarta, sebagai tempat mereka menuntut ilmu.

Pasalnya beberapa dari anggota komunitas ini merupakan lulusan dari Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) Yogyakarta dan juga Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Sejumlah karya Segi Tiga Rupa mereka yang akan dipamerkan, a.l, berjudul ABG Ayam Baru Gedhe  karya Yuga, Transfigurasi karya Wiji, Dialog dengan Patih  oleh Sulton, Kidung Sunyi buatan Sigit, dan Jamuran karya Roni.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro