Bens Leo/Antara
Musik

Bens Leo: Indonesia Jadi Tujuan Konser Musisi Dunia

Azizah Nur Alfi
Selasa, 23 Juni 2015 - 13:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA --Konser musisi dunia belakangan mulai membanjiri pasar musik Indonesia. Pengamat musik Bens Leo menuturkan musisi dunia membidik Indonesia sebagai pasar musik dunia diantaranya karena jumlah penduduknya yang besar mencapai 240 juta.
Indonesia masuk dalam urutan ke dua untuk negara tujuan konser musisi dunia, setelah Jepang.

Sebab lain, sebut Bens, karena penikmat musik Indonesia dikenal pandai mengapresiasi segala jenis musik yang ada. Setelah Jepang dan Indonesia, baru yang lain seperti Singapura dan Malaysia. Malaysia dikenal paling susah karena berkaitan dengan batasan pornografi.

Dia mengatakan tren musisi luar manggung di Indonesia bukan terjadi beberapa tahun belakangan ini. Dalam pengamatannya tren ini sudah berlangsung sejak 10 tahun lalu. Indikatornya terlihat dari penyelenggaraan java jazz festival yang tahun ini telah memasuki tahun ke 11, yang kemudian diikuti festival serupa yang ada di Jakarta. Sejak saat itu, Indonesia tidak pernah terlewat saat artis asing tur ke Asia, tuturnya.

Namun, Bens tidak menampik jika masuknya Indonesia dalam tur musisi dunia juga berimbas pada bisnis penyewaan sound system di
Indonesia. Masuknya musisi dunia ke Indonesia juga sebagai pembuktian bahwa musisi Indonesia tidak kalah bersaing dengan mereka, katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro