Steak/Brake.co.uk
Fashion

Mencicipi Barbeque Khas Korea

Deandra Syarizka
Jumat, 26 Juni 2015 - 19:00
Bagikan

 Bisnis.com, JAKARTA-- Seiring dengan demam Korean-Pop yang melanda sebagian besar kalangan remaja Indonesia, berbagai budaya khas negeri ginseng itu pun kian digemari. Tak terkecuali dengan kulinernya. Berbagai pilihan restoran khas Korea kini berlomba menawarkan varian menu yang menarik.

 Salah satunya adalah Samwon House. Restoran masakan Korea yang telah berdiri selama lima tahun ini kini menjadikan barbeque khas Korea sebagai menu andalannya. Selain itu, dekorasi yang telah ditata ulang mendekati suasana Korea Selatan pun kian kental terlihat, membuat pengalaman kuliner menjadi kian unik.

 Saya berkesempatan mencicipi beberapa menu di salah satu cabang Samwon House yang terletak di bilangan Setiabudi, Jakarta. DInding yang berada tepat di hadapan saya, memajang pakaian adat perempuan Korea hanbok sebagai aksesorisnya. DI sisi kiri pintu masuk, tersedia ruangan khusus bagi pengunjung yang ingin menikmati hidangan dengan cara duduk di lantai, lengkap dengan meja berkaki rendah.

 Santap siang saya kala itu dimulai dengan menikmati hidangan pembuka bernama banchan, yang terdiri dari beragam sayuran dalam porsi kecil seperti tumis tauge (kongnamul), tahu tumis yang dimasak dengan saus khusus (dubu jorim) hingga kimchi.Jenis kimchi yang waktu itu saya cicipi adalah nabak kimchi, yang terbuat dari fermentasi sawi putih dengan saus. Rasanya asam, segar dan sedikit pedas.

 Setelah selera makan bangkit, saya mencoba beberapa menu utama seperti bulgogi, dan dolsot bibimbap. Bulgogi terbuat dari potongan daging sapi yang dimasak dengan campuran kecap asin dan gula yang dipadukan dengan bumbu khas daerah asal hidangan tersebut. Rasanya gurih dan lezat.

 Adapun dolsot bibimbap adalah hidangan nasi campur, yang terdiri dari semangkuk nasi putih dengan beragam laut yang ditaruh di atasnya, seperti wortel, buncis, daging sapi, dan telur. Sebelum menikmati hidangan ini, nasi dan beragam lauk tersebut harus diaduk terlebih dahulu, sehingga cita rasanya menjadi lebih kaya.

 Menu barbeque baru di restoran yang juga melayani pembelanjaan online untuk beragam produk Korea ini tak lupa saya nikmati. LA Galbi, merupakan potongan daging iga panggang yang telah diberi bumbu khusus, biasanya campuran dari kecap asin, bawang putih, minyak wijen, dan gula. Warnanya kecokelatan, mengingatkan saya pada warna semur daging khas Indonesia. Rasanya lezat, terlebih dengan tekstur daging yang empuk.

 Bila Anda datang restoran ini bersama teman-teman, pilihlah menu besar yang bisa disantap ramai-ramai. Salah satu yang patut direkomendasikan adalah Sogogi Jeongol, yang berupa hidangan sup yang direbus dalam satu kuali besar yang dihidangkan di tengah meja untuk disantap bersama.

 Di dalam kuali tersebut, beragam bahan seperti sawi putih, wortel, daging sapi, tahu, dan jamur tiram direbus dalam kuah sup yang gurih. Setiap pengunjung dapat memilih sendiri bahan masakan kesukaannya untuk dituang ke mangkuknya. Hidangan ini cukup untuk empat hingga lima orang.

 Samwon Shop ini memiliki total 56 menu, dengan enam menu barbeque pilihan yang baru, dan tiga menu platter porsi besar. Harga yang ditawarkan pun cukup bervariasi, mulai dari Rp50.000 hingga R750.000 untuk menu platter bagi empat hingga lima orang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro