Olahraga jaga kebugaran tubuh/learn.peerwell.co
Health

Manfaat Mendengarkan Musik Saat Olahraga

Duwi Setiya Ariyanti
Sabtu, 27 Juni 2015 - 10:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Tak salah jika banyak orang berlari sambil mendengarkan musik. Pasalnya, genre musik yang tepat bisa memacu motivasi saat berlari.

Dokter spesialis olahraga Rachmad Wishnu Hidayat mengatakan, musik dan olahraga sangat erat hubungannya. Saat mendengarkan musik, otak akan menghubungkan tempo dan ritme musim dengan denyut jantung.

Bila musik dan denyut jantung bisa seirama, katanya, performa olahraga akan naik hingga 15%. Pada kondisi itu beban saat berlari bisa dilepaskan, dan membuat momen berolahraga lebih menyenangkan. Selain itu, musik memiliki andil penting menentukan degup jantung seseorang.

"Kalau beat musik sesuai dengan denyut jantung, endurance performance naik 15%," ujarnya dalam peluncuran Sony Smart B-Trainer di Jakarta, Jumat (26/6/2015).

Seperti namanya, Smart Beat Trainer, mengandalkan kekuatan tempo musik. Secara otomatis, alat ini bisa memutarkan musik sesuai denyut janung penggunanya.

Kentaro Hatanaka, Head of Marketing Division Sony Indonesia, mengatakan Smart B-Trainer diciptakan agar masyarakat termotivasi untuk menerapkan gaya hidup sehat yaitu dengan rutin berlari.

Hal ini karena, fungsi perangkat seperti GPS watch, earphone, smartphone, penghitung denyut jantung terangkum dalam satu piranti.

Di samping itu, program Anda untuk menurunkan berat badan atau mencapai target demi mengikuti lomba maraton bisa termonitor karena alat ini merekam semua kegiatan Anda selama berlari.

"Latihan individual? Rekor, berat badan, maraton pertama, perangkat ini bisa membantu anda mencapai target Anda," katanya.

Alat ini dapat digunakan di leher seperti kalung dan merupakan produk anti-slip yang memungkinkan penggunanya untuk berlari sebebas mungkin tanpa takut kebasahan. Selain memiliki perangkat headphone SSE-BTR1, alat ini dapat merekam 11 tipe data hasil lari seseorang, seperti denyut jantung, kalori yang terbakar, jarak, waktu, kecepatan, ritme, irama, langkah kemajuan, rute lari, dan elevasi.

Ken menjelaskan untuk mengatur data hasil rekaman lari seseorang dan melihat kembali grafik rekam jejak masa lalu, dibutuhkan aplikasi yang diberi nama Smart B-Trainer for Running. Aplikasi ini, menurut Ken, dapat di download gratis di Google Play dan App Store dari Juni 2015.

Kendati demikian, alat ini bisa berfungsi meski Anda berlari tanpa ponsel. Bingung menyetel lagu? Alat ini dibekali kapasitas 16 gigabyte untuk menyimpan lagu favorit Anda. Alat ini bisa didapatkan seharga Rp3,5 juta mulai 1 Juli 2015.

"Smart B-Trainer for Running dengan mudah mencatat hasil lari seseorang dan dapat dilihat kembali dengan mudah. Seperti rekam jejak melalui grafik, perbandingan akumulasi catatan masala lalu, catatan terbaik, dan tren lari seseorang," katanya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro