Ilustrasi/Futuretimeline.net
Health

3 Cara Mencegah Orang Lansia Depresi

Duwi Setiya Ariyanti
Sabtu, 27 Juni 2015 - 15:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Orang lanjut usia (lansia) yang rentan terhadap depresi bisa dicegah dengan beberapa cara. Berikut caranya.

Psikolog Klinis Dewasa dari Personal Growth Veronica Adesla mengatakan terdapat tiga cara untuk mencegah terjadinya depresi.
 
1. Menggali dan menemukan makna positif dari kehidupan
 
Menurutnya, penting untuk melihat sisi positif hidup yang telah dijalani. Termasuk, apa yang telah dicapai dan dimiliki sepanjang usia mereka. Selain itu, cobalah untuk menerima tanpa menyisakan penyesalan atas keadaan yang ada.
 
2. Tetap mempertahankan keterlibatan vital dalam masyarakat
 
Memiliki berbagai peran dalam masyarakat akan mengalihkan diri dari pikiran negatif. Terutama, tentang kondisi fisik yang semakin rapuh ataupun kekhawatiran lainnya yang membawa dampak buruk. Caranya, dengan aktif berkegiatan mulai dari bekerja, berkarya, mengikuti program pendidikan dan aktif berdiskusi.
 
 
3. Kasih sayang dan perhatian orang terdekat
 
Tak bisa dipungkiri hubungan yang erat dengan pasangan, anak, cucu dan rekanan sebaya bisa mendorong kesehatan mental. Hal ini juga menghindarkan orang lansia merasa kesepian. Pasalnya, hidup lebih bermakna dengan kasih sayang dan perhatian orang terdekat.
 
Kendati ketiga faktor ini sangat penting, perawatan bagi setiap orang lansia tak bisa disamaratakan. Selama ketiga faktor ini bisa didapatkan, orang lansia bisa tinggal bersama keluarga ataupun di panti wreda. hubungan erat dengan pasangan, anak serta cucu mampu menyehatkan mental orang lansia.
 
"Manapun yang menjadi pilihan mereka, yang menentukan tingkat kesejahteraan mereka adalah ketiga hal tersebut," katanya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro