Transformers/Contactmusic
Entertainment

10 Selebriti Tanah Air Isi Suara Transformers: Age Of Extinction

Duwi Setiya Ariyanti
Kamis, 2 Juli 2015 - 23:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--10 selebriti mengisi suara pemeran dalam film Transformers: Age Of Extinction yang ditayangkan pada 17 Juli 2015.

Head Of Sales and Affiliate Marketing HBO Asia Jacelyn Kek mengatakan pihaknya Film yang dirilis pada 2014 akan ditayangkan dengan sensasi baru yaitu suara-suara selebritis tanah air. Hal ini juga menjadi film live action pertama yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

"Ini pertama kalinya sulih suara film live action dalam bahasa Indonesia," ujarnya dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (2/7/2015).

10 artis yang terlibat yaitu Bebi Romeo (Optimus Prime), Choky Sitohang (Cade Yeager), Bayu Oktara (Lucas Flannery), Iwa K (Hound), Titi Kamal (Tessa Yeager), Christian Sugiono (Harold Attinger), Ben Kasyafani (Shane Dyson), Augie Fantinus (Galvatron&Lockdown;), Ibnu Jamil (Joshua Joyce) dan Dimas Seto (James Savoy).

Dalam kesempatan yang sama, Aktor Augie Fantinus yang mengisi suara dua karakter robot sekaligus menilai pekerjaan sebagai dubber tak bisa diremehkan begitu saja. Kendati pernah menjadi penyiar radio, dia menganggap mengisi suara bukanlah hal yang mudah. Apalagi, mengisi dua karakter robot. Dia pun mengaku acap kali kesulitan membedakan dua karakter yang diperankannya.

"Kadang-kadang, suka lupa dan suaranya suka berbeda karena dua karakter itu robot," katanya.

Selain menyesuaikan suara dan karakter, proses alih bahasa juga menjadi kesulitan para pengisi suara ini. Seperti yang dirasakan Aktor Christian Sugiono yang harus memilih bahasa Indonesia yang tepat. Pasalnya, bila kalimatnya diartikan secara langsung justru menjadi terlalu panjang. Berakting tanpa berhadapan langsung dengan situasi pun diakui suami Aktris Titi Kamal ini menjadi tantangan tersendiri yang baru merasakan pengalaman barunya sebagai dubber.

"Cukup susah ternyata karena kita enggak merasakan. Terus, bahasa Inggris yang diterjemahkan ke Indonesia juga susah, " katanya.

Hal serupa juga dialami Penyanyi Iwa K yang memerankan tokoh robot bernama Hound. Menurutnya, karakter Hound kerap mengucapkan kalimat sumpah serapah yang sulit diartikan ke dalam bahasa Indonesia. Kesulitan itu, katanya, membuat proses perekaman suara menjadi lebih lama karena harus berdiskusi dengan pengarah suara agar mendapatkan kalimat dan ekspresi yang tepat.

"Kayak kata, 'Hell yeah', kan enggak mungkin diartikan jadi 'Neraka yeah'. Akhirnya jadi, 'Yeah' aja," katanya.

Pada menit pertama film, mungkin Anda masih belum menyangka bahwa 10 artis itulah yang mengisi pemeran utama dalam film. Tapi seiring dengan durasi film yang berjalan, Anda akan bisa mengenali suara artis favorit Anda. Terutama, yang memerankan manusia. Film berdurasi 165 menit ini ditayangkan di HBO pada Jumat (17/7/2015)pukul 20.00.

<object x-apple-mail="wrapper" rgb(0, 0, 0); font-family: UICTFontTextStyleBody; font-size: 17px; line-height: normal; -webkit-text-size-adjust: auto;"><object type="apple/mailattachment" id="C59E1E75-4488-4B43-BFF4-8C03B7B28F7B" filename="image1.JPG" filesize="1470968" hasviewer="0" isdownloaded="0" isprinting="0" width="160" height="120" display 10px 23px 10px 0px;"></object></object>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro