Koleksi busana muslim rancangan Kursien Karzai/Antara
Fashion

Ramadhan Runway Hadirkan Beragam Koleksi Perancang Busana Muslim

Reni Efita
Sabtu, 4 Juli 2015 - 17:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) bekerja sama dengan Kota Kasablanka dan didukung oleh Sari Ayu Martha Tilaar mengelarkan kegiatan Ramadhan Runway 2016 di Mal Kota Kasablanka, 3 Juli-2 Agustus.

Kegiatan Ramadhan Runway yang rutin dilakukan sejak 3 tahun yang lalu itu dalam rangka upaya mewujudkan Indonesia sebagai kiblat mode busana muslim Asia pada 2018 dan kiblat busana muslim dunia pada 2020. Kegiatan tersebut diisi dengan fashion show, bazaar, talk show, dan kompetisi.

"Semakin banyak pemain di sektor busana muslim yang berkualitas, dipastikan kompetisi akan semakin tinggi sehingga mereka semakin teruji. Jika berhasil diterima di pasar lokal akan mempermudah untuk ekspansi ke pasar yang lebih luas lagi," ungkap Taruna K. Kusmayadi, Penasihat APPMI, Jumat (3/7/15) sore.

Ramadhan Runway merupakan langkah kecil yang konkret dan berkesinambungan untuk menuju satu destinasi, yaitu mewujudkan Indonesia sebagai pusat busana muslim dunia.

"Kebutuhan akan busana muslim di pasar lokal yang terus melonjak naik belum tergarap secara optimal. Terutama saat bulan Ramadan, di mana kebutuhan akan busana muslim mengalami peningkatan secara signifikan dari biasanya," ujar Taruna.

Di momen Ramadan inilah, menurutnya, desainer dan brand busana muslim Indonesia punya kesempatan untuk mensosialisasikan dan memasarkan produknya ke khalayak luas.

Pada acara tersebut, para desainer lintas generasi mendapatkan kesempatan yang sama untuk memasarkan produk mereka ke pasar luas.

"Mereka akan berkompetisi secara sehat untuk menarik minat konsumen dengan cara meningkatkan standarisasi produk," kata Ali Charisma, Ketua Umum APPMI.

Sementara Euis Saedah, Direktur Jendral Direktorat Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, mengharapkan dengan adanya Ramadhan Runway semoga dapat menggugah masyarakat, bukan hanya pengguna hijab saja, untuk bangga memakai produk buatan Indonesia.

"Sekaligus memacu para pelaku usaha ini untuk terus berkarya supaya style fashion Indonesia dapat diterima di semua kalangan. Sebab untuk mendunia, bukan cuma dapat diterima di dalam negeri, atau negara tertentu saja, tapi seluruh dunia," katanya.

Kegiatan Ramadhan Runway menjadi pembuktian terhadap perkembangan industri busana muslim Indonesia. Keragaman produk yang ditawarkan menunjukkan kreativitas pelaku mode muslim di tanah air yang patut mendapatkan sorotan dunia.

"Kami berharap Ramadhan Runaway menjadi agenda tahunan sehingga dapat berkontribusi secara aktif dalam menggerakkan industri busana muslim Indonesia sesuai arahan Pemerintah untuk menjadikan Indonesia, khususnya Jakarta, sebagai kiblat busana muslim dunia di tahun 2020," ujar Luciana, General Manager Kota Kasablanka.

 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro