Tari Bedoyo Kirono Ratih./
Show

TARI PUTRI KRATON: Pesan di Balik Tari Bedoyo Kirono Ratih

Azizah Nur Alfi
Minggu, 26 Juli 2015 - 07:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Kota Solo menawarkan ragam daya tarik yang tidak ada habisnya. Selain kuliner, ragam budaya yang masih kental membuat penikmatnya jatuh hati.

Termasuk pementasan Tari Bedoyo Kirono Ratih yang langsung dibawakan penari dari Keraton Surakarta Hadiningrat di La Piazza Summarecon Kelapa Gading, belum lama ini.

Koordinator Grup dari Keraton Surakarta Hadiningrat GKR Timoer Rumbai Kusuma Dewayani menuturkan Tari Bedoyo Kirono Ratih berkisah tentang putri keraton yang sedang berlatih perang, khususnya memanah, di bawah sinar rembulan.

Kisah ini memberikan pesan bahwa tidak hanya kaum laki-laki saja yang dapat belajar perang atau memanah. Dulu, para putri abdi dalem ini dibekali ilmu bela diri, karena tugas abdi dalem sebagai benteng terakhir raja ketika terjadi perang. Dengan kata lain, abdi dalem sebagai prajurit yang dapat menari. Panah kecil sebagai propertinya.

Sementara itu kipas lebih menunjukkan kecantikan dan kemolekan untuk menarik lawan jenis. Istilah orang Jawa itu kemayu. Setelah habis perang, mereka kembali berkemayu lagi, terangnya.

Seperti tarian bedoyo lainnya, gerakan Tari Bedoyo Kirono Ratih juga memiliki gerakan lembut dan mengalir dengan iringan gamelan. Tujuh penari yang berasal dari para putri keraton menampilkan tarian karya GKR Wandansari pada 1980-an selama 15 menit.

Dia menuturkan pementasan Tari Bedoyo Kirono Ratih sebenarnya membutuhkan waktu antara 45-60 menit dalam sekali pertunjukkan. Dalam versi aslinya,

Tari Bedoyo Kirono Ratih dimainkan oleh sembilan penari. Pementasan oleh tujuh penari khusus di festival Pasar Klewer Solo di Summarecon ini, merupakan jumlah minimal penari untuk bisa menarikan Bedoyo Kirono Ratih.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro