Ilustrasi/gymbobuzz.gymboreeclasses.com
Health

Kecerdasan Anak: Rangsang Melalui Musik. Ayah Miliki Peran Kunci

Ipak Ayu H Nurcaya
Rabu, 29 Juli 2015 - 00:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Orang tua didorong untuk turut aktif merangsang kecerdasan anak dengan memberikan stimulasi yang tepat, salah satunya melalui musik.

Seperti diketahui, musik diyakini sebagai salah satu bentuk stimulasi auditori yang dapat membantu merangsang kecerdasan anak.

Anne Gracia, Praktisi Neurosains Terapan  mengatakan otak anak akan mengalami perkembangan optimal pada empat tahun pertama kehidupannya. Untuk itu diperlukan stimulasi yang cukup dan tepat terhadap seluruh sistem sensorik anak termasuk sistem sensorik auditori yang terkait dengan indera pendengaran.

"Musik merupakan salah satu stimulasi untuk mempercepat perkembangan otak bayi, karena musik dapat mempengaruhi kapasitas belajar otak, meningkatkan ukuran pendengaran, dan korteks motorik. Orang tua, termasuk ayah, memiliki peran kunci dalam menstimulasi sistem auditori anak, salah satunya karena Ayah memiliki frekuensi suara yang lebih rendah dari Ibu," kata Anne dalam Daycare PT. Unilever Indonesia bertema Daddy & I, Together for a #brightFuture’, beberapa waktu lalu

Dian HP, Penata Musik, menambahkan efek positif musik terutama dalam perkembangan otak anak.

Pada musik, IQ, EQ, SQ dapat diibaratkan seperti beat, irama, dan melodi. Anak yang sejak dalam kandungan terbiasa mendengar musik biasanya memiliki kecerdasan emosional dan intelegensi yang lebih berkembang dibandingkan dengan anak yang jarang mendengarkan musik.

"Demikian juga anak yang belajar menyanyi, mendengarkan musik, atau bermain musik; akan menggunakan fantasi otaknya berbeda dengan anak-anak yang tidak familiar dengan musik, karena belajar bernyanyi merupakan bagian dari kecerdasan musikal dan emosi yang dirangsang sejak usia dini,” kata Dian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro