Roll Film. /gradunion.cam.ac
Entertainment

GoetheHaus Hadirkan Film Kisah Pekerja migran Indonesia di Belanda

Newswire
Jumat, 31 Juli 2015 - 20:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Pemutaran film dan diskusi "Dispereet Niet: Pekerja Migran Indonesia di Belanda" digelar di GoetheHaus, Jakarta, Jumat malam.

Acara yang dihadiri ratusan pengunjung tersebut merupakan kerja sama antara Indonesian Migrant Workers Union (IMWU) Netherlands dengan dukungan Komnas Perempuan.

"Lewat film ini, kami ingin orang-orang melihat apa yang sebenarnya terjadi pada pekerja migran di sana, utamanya yang tak memiliki dokumen lengkap," kata Yasmin Soraya dari IMWU Nederlands dalam sambutannya di Jakarta, Jumat (31/7/2015).

Film karya sutradara Irwan Ahmett itu mengisahkan tentang persoalan dan sisi lain pekerja asal Indonesia yang berada di Belanda. Film berdurasi 1 jam 6 menit ini, diinisiasi oleh pekerja asal Indonesia yang tinggal di Belanda.

Disperereert Niet sendiri dalam Bahasa Indonesia memiliki arti jangan berputus asa. Sebuah paradox yang dipilih Irwan Ahmett dari semboyan JP Coen yang merupakan pahlawan bangsa Belanda tapi musuh Indonesia.

Irwan Ahmett, mengatakan, pembuatan film ini didasari oleh hal yang paling sederhana. Yakni menyampaikan persoalan dan masalah, mulai dari individual, komunitas hingga kemanusiaan.

Dalam film yang dibuat sekitar satu tahun itu, mengangkat persoalan masalah upah, jam kerja dan keamanan dari pelecehan seksual hingga keluar rumah, baik untuk keperluan pribadi maupun pekerjaan.

"Persoalan yang terjadi di Belanda adalah sebuah polemik yang berkaitan dengan konteks sejarah antara Indonesia dan Belanda. Saya di sini mencoba mengurai benang kusut dengan merefleksikan temuan-temuan dari kehidupan teman-teman pekerja migran di sana. Saya banyak main di simbol. Domestic worker di sana sudah jadi simbol budaya tapi tidak mendapat pengakuan sebagai profesi," kata Irwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro