Ilustrasi/Fitandhappy
Fashion

Penyebab Rambut Lepek dan Sulit Diatur

Duwi Setiya Ariyanti
Selasa, 4 Agustus 2015 - 17:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Rambut lepek dan sulit diatur akan sangat menjengkelkan bagi sebagian besar kaum hawa. Berikut penyebabnya.

Vivi Tri Andari, Research and Development Unilever Indonesia, Tbk, mengatakan rambut lepek bisa disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, karena adanya keringat, minyak, dan kotoran.

Aktivitas di luar ruangan bisa membuat jadi lepek. Paparan sinar matahari dan udara yang kotor, menurutnya, juga akan berkontribusi menyebabkan rambut lepek.

“Lepek karena kotor ada juga,” ujarnya dalam jumpa pers di Cassis Kitchen, Jakarta, Selasa (4/8/2015).

Apalagi, bila rambut ditutup dalam waktu yang lama. Sebagai contoh, dia menyebut penggunaan jilbab dan helm motor juga bisa membuat rambut lepek. Hal ini karena, kondisi yang tertutup itu membuat minyak hasil sekresi dan keringat terperangkap.

Selain lepek, bau tidak sedap pula muncul. Solusinya, bisa dengan mencuci rambut paling tidak dua atau tiga hari sekali.

“Memakai kerudung memang membuat rambut gampang lepek dan berminyak karena kerudung menyebabkan sirkulasi udara tertutup. Minyak dan keringat terperangkap jadi cepat lepek dan bau,” katanya.

Pemicu rambut lepek juga bisa datang dari faktor keturunan. Pemilik jenis rambut fine hair atau yang memiliki helaian begitu halus dan kulit kepala yang mudah berminyak lebih cepat menjadi lepek. Bila seperti ini, harus dilakukan perawatan berbeda untuk menghilangkan si rambut lepek.

“Ada juga lepek karena jenis rambut dan kulit kepalanya sangat berminyak,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro