Ilustrasi/Galleryhip
Fashion

Remaja Gunakan Media Sosial untuk Cari Informasi Seksualitas

Newswire
Selasa, 4 Agustus 2015 - 17:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Media sosial seperti Facebook dan Twitter serta laman pencari Google menjadi salah satu sumber informasi remaja dalam mencari tahu lebih banyak tentang Hak dan Kesehatan Seksualitas dan Reproduksi (HKSR).

Praktisi media Ignatius Haryanto mengatakan hal itu saat memaparkan penelitian lembaga nirlaba Rutgers WPF Indonesia mengenai akses remaja terhadap informasi seksualitas dan kesehatan reproduksi di Jakarta, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur selama 2014.

"Di media sosial ada fitur menarik, seperti membagikan informasi ke orang lain," kata Hary dalam dialog Remaja, Seksualitas, dan Teknologi #KamuTidakSendirian di Jakarta, Selasa (4/8/2015).

Penggunaan bahasa populer di kalangan remaja serta desain dan fitur menarik menjadi alasan remaja memilih mengakses informasi kesehatan seksualitas pada akun atau laman penyedia informasi seperti guetau.com, PKBI DIY, Aliansi Remaja Independen, Bethesda, Sobat ASK, ProCare Clinic, Gubug Sebaya PKBI Jatim dan Yayasan Pelita Ilmu.

Hary mengatakan ada beberapa topik yang informasinya penting diketahui namun belum banyak tersedia, yakni soal kesehatan reproduksi, HIV/AIDS, orientasi seksual dan Infeksi Menular Seksual (IMS).

Isu yang sering diangkat biasanya berkisar soal kesehatan reproduksi dan keterampilan hidup, sementara isu yang jarang diangkat adalah pernikahan dini dan kekerasan dalam pacaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro