Ilustrasi/Youngandraw
Health

Bahan dari Rumput Laut Bisa Jadi Alternatif Atasi Flu

Reni Efita
Jumat, 7 Agustus 2015 - 05:55
Bagikan
Bisnis.com JAKARTA -- Riset Kesehatan Masyarakat tahun 2014, prevalensi penyakit flu di Indonesia sudah merata dan sebagai negara tropis, kejadian influenza bisa terjadi sepanjang tahun.
 
Flu dapat ditularkan secara langsung dan tidak langsung. Secara langsung artinya, partikel flu yang keluar dari seorang penderita flu, terhirup orang lain lewat hidung dan atau mulut.
 
Secara tidak langsung artinya, seseorang yang belum flu, menyentuh benda-benda yang sudah terkontaminasi oleh partikel flu, kemudian menyentuh hidung dan atau mulut mereka.
 
Dokter Eveline dari Interbat menjelaskan, mengenai proses berjangkitnya penyakit flu, ketika virus terhirup, ia akan mendiami sel pada tenggorokan dan mulai berkembang biak. Hal ini tentu bisa menyebabkan infeksi, namun daya tahan tubuh dirancang secara alami untuk menghentikan infeksi. Yang akan menentukan apakah seseorang akan jatuh sakit atau tidak, adalah daya tahan tubuh dan jumlah virus yang berhasil memasuki sel.
 
Berdasarkan hasil joint research antara perusahaan Indonesia-Jerman telah menghasilkan produk baru berbasis rumput laut Kappahycus dari Indonesia yang bermanfaat bagi kesehatan. Hasil terobosan inovasi terbaru dari joint research Indonesia-Jerman ini, adalah kerjasama antara PT Interbat, PT Quasa r Husada dan Evoria GmbH Jerman yang menghasilkan satu antivirus spray yang bisa digunakan untuk mencegah dan meringankan gejala-gejala awal flu.
 
Bahan aktif alami yang dikembangkan melalui joint research Indonesia-Jerman ini dinamakan Alskinova, dan bermanfaat sebagai antivirus untuk memblok dan mencegah virus masuk kedalam sel.
 
Satu lagi bahan alami yang terbukti mempunyai manfaat antivirus adalah ekstrak tanaman Cistus atau dikenal sebagai Pink Rock Rose yang merupakan tanaman liar yang tumbuh di daerah Mediterania. Cistus merupakan tanaman herbal yang diteliti karena dianggap bermanfaat dalam mencegah dan mengobati flu.
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro