Ilustrasi/Wisegeek
Relationship

Hindari Kebiasaan Kerja Yang Buruk Bagi Kesehatan Tubuh Berikut Ini

Mia Chitra Dinisari
Senin, 10 Agustus 2015 - 10:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Kebiasaan Anda dalam bekerja ternyata berimbas besar pada kesehatan tubuh.

Banyak orang yang tidak menyadari hal ini. Bekerja 8-9 jam per hari dianggap hal wajar, dan rutinitas yang salah menambah makin buruknya kebiasaan bekerja Anda.

Apakah Anda termasuk orang yang salah menjalankan rutinitas bekerja? Jika iya, maka saatnya kini mulai mengubahnya demi kesehatan/

Berikut 12 kebiasaan buruk yang biasa Anda lakukan selama jam kerja

1. Melewatkan sarapan

Sebagian ahli setuju jika sarapan adalah waktu makan yang seharusnya tidak dilewatkan begitu saja. Penelitian menunjukkan sarapan dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda dan membantu meningkatkan energi sehingga tubuh tidak merasa lesu.

Beberapa ahli bahkan menganjurkan untuk makan donat saat sarapan, walaupun tidak terlalu sering.

2. Bertopang dagu

Tentu, gaya ini sangat nyaman, tapi bertopang dagu berlebihan dapat berdampak pada masalah kulit. "Menyentuh wajah dapat membuat kulit rentan terhadap jerawat atau kondisi lain ... karena menyebar bakteri, demikian menurut penulis buku “Kulit Anda” Dr Ava Shamban.

3. Makan siang di meja kerja

Otak Anda perlu istirahat. Tanpa istirahat, produktivitas dan tingkat energi Anda menurun. Selain itu, penelitian menunjukkan multitasking tidak efisien, sehingga ketika Anda makan sambil bekerja akan membuat produktivitas Anda justru merosot.

 

4. Duduk bungkuk

Bad postur = buruk bagi kesehatan? Ini tentu mungkin. Studi menunjukkan bahwa ketika Anda membungkuk, bisa memengaruhi mood. Belum lagi sikap tubuh yang buruk, saat melihat layar computer, akan menempatkan beban pada tubuh bagian atas, juga, yang dapat menyebabkan leher dan nyeri bahu.

5. Menggosok mata

Ketika mata lelah atau eyeliner Anda luntur, mungkin muncul keinginan untuk menggosok mata yang secara langsung bisa menyebarkan kuman. Tidak hanya itu, Anda mungkin akan merusak beberapa kulit yang sangat halus. Menggosok mata dapat membuat mata terlihat lebih tua, memecahkan kapiler di kelopak mata.

 
6. Duduk sepanjang hari
Banyak ahli mengklaim bahwa "duduk adalah merokok baru”, yang dapat meningkatkan risiko untuk diabetes dan penyakit jantung, dan sakit punggung. Bergeraklah secara teratur dari kursi Anda, dan lakukan aktivitas lain yang bisa membuat tubuh Anda melakukan kegiatan selain duduk.


7. Tidak mencuci tangan

 

Pastikan untuk mencuci tangan mereka setelah bermain dan bekerja. Terutama setelah bermain dengan hewan peliharaan Anda. Hewan peliharaan, termasuk anjing, berpotensi membawa kuman yang dapat menyebar dari hewan ke orang.


8. Membawa ponsel ke kamar mandi

Setengah dari pengguna smartphone usia 18 sampai 29 mengakui membawa ponsel mereka ke toilet. Kebiasaan ini mengundang kuman ke dalam tubuh Anda saat kembali ke meja kerja. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa telepon Anda memiliki lebih banyak bakteri daripada lantai di rumah Anda.


9. Tidak cuti sakit


Flu biasa dapat mengganggu tubuh Anda selama seharian. Jika Anda tidak beristirahat, dapat memperpanjang penyakit. Anda juga berisiko menurunkan sistem kekebalan tubuh rekan kerja 'dengan menularkan virus dari tubuh Anda.


10. Menyilangkan kaki

Menyilangkan kaki Anda terlalu banyak dapat menyebabkan sakit punggung dan leher dan bahkan mungkin meningkatkan tekanan darah Anda. Posisi yang ideal duduk degan kaki lurus di lantai dan lutut dan pergelangan kaki pada sudut 90 derajat bila memungkinkan.

11. Sering makan junkfood


The Food and Drug Administration merekomendasikan makanan harus tidak lebih dari empat jam, karena saat tersebut bakteri dapat tumbuh dan berkembang biak.


12. Tidak bekerja setelah tiba di rumah

Memeriksa email saat istirahat di rumah, atau menjelang tidur dapat memberikan kontribusi untuk kelelahan mental. Coba silent telepon setelah keluar dari kantor agar tubuh dan pikiran Anda beristirahat total.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : timesofindia.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro