Buah Kiwi/Blackpeppercorn
Health

Seberapa Pentingnya Vitamin C Bagi Kesehatan? Ini Ulasannya

Reni Efita
Sabtu, 22 Agustus 2015 - 19:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Vitamin C sangat berperan penting dalam kesehatan dan erat kaitannya dengan penyakit degeneratif yakni penyakit jantung koroner, stroke, penyakit keganasan, diabetes melitus dan hipertensi.

Sejauhmana hubungan vitamin ini dengan penyakit degeneratif, dipaparkan secara gamblang oleh dokter spesialis gizi klinik Fakultas Kedokteran UI, Fiastuti Witjaksono.

Fiastuti menjelaskan vitamin C dapat berfungsi sebagai antioksidan, kofaktor dalam pembentukan kolagen dan berbagai hormon, meningkatkan sistem imun serta mencegah berbagai penyakit.

Antioksidan bertugas menetralisir oxidatif stres yang dapat merusak sel, jika tidak dibantu dengan antioksidan akan merusak DNA, protein dan lemak.

DNA yang teroksidasi akan menjadi awal timbulnya berbagai penyakit. "Bila antioksidan yang berasal dari dalam tubuh tidak mencukupi, maka perlu konsumsi antioksidan dari luar tubuh," katanya.

Dalam kasus kanker, paparnya, sel normal menunjukkan radikal bebas yang menyebabkan oksidasi DNA sehingga terjadi perubahan pada sel yang berkembang biak menjadi sel rusak yang membahayakan.

Untuk kasus penyakit jantung koroner dan stroke, jika kerusakan sel terjadi di dinding arteri maka akan menyebabkan timbulnya plak dalam arteri yang mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah.

Dia menjelaskan antioksidan mencegah kerusakan sel akibat oksidasi. Proses oksidasi dapat merusak DNA, protein dan lemak. Proses oksidasi itu berasal dari asap rokok, polusi, dan metabolisme tubuh.

"Akibat dari proses oksidasi berupa proses penuaan, penyakit kanker, penyakit jantung".

Mengenai kebutuhan vitamin C, Fiastuti mengatakan seberapa besarnya setiap orang tergantung kondisi yakni orang dewasa (90/75 mg), hamil (85 mg), menyusui (115 mg).

Sedangkan angka kecukupan gizi vitamin C nomal 60 mg/hari, kehamilan 60+10 mg/hari, menyusui 60 + (25-10 mg)/hari.

Bila kekurangan Vitamin C dapat meningkatkan risiko penyakit degeneratif, meningkatkan risiko infeksi, memanjangkan penyakit penyembuhan luka.

"Sebaliknya bila kelebihan konsumsi Vitamin C lebih dari 1000 mg berefek rasa tidak nyaman di lambung, diare".

Adapun sumber vitamin C a.l. buah kiwi, jambu biji, pepaya, mangga, jeruk, nenas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Editor : Yusran Yunus
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro