Buah-buahan merupakan salah satu sumber vitamin C. /JIBI-Rachman
Health

Vitamin C Dapat Kurangi Risiko Penyakit Degeneratif

Reni Efita
Minggu, 23 Agustus 2015 - 04:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Tubuh manusia tidak bisa memproduksi Vitamin termasuk Vitamin C, sementara tubuh kita membutuhkannya untuk menjaga kesehatan, sehingga diperlukan asupan yang cukup dari luar tubuh.

Fungsi Vitamin C untuk kesehatan, antara lain meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit degeneratif. Karena manfaatnya yang tinggi, kita perlu mengkonsumsi vitamin C secara rutin setiap hari. Hal tersebut juga karena kadar vitamin C di jaringan tubuh sangat cepat menurun dan untuk mendapatkan maksimum manfaat vitamin C, tubuh membutuhkan makanan yang tinggi vitamin, seperti buah segar.

Topik tersebut disampaikan oleh Prof. Margreet Vissers, BSc Hons, MSc, PhD, Peneliti dan Asisten Dekan, Center for Free Radical Research Department of Pathology, University of Otago, Christchurch, New Zealand, dalam judul materi Vitamin C in Health and Disease New Discoveries and Impact of Dietary Intake di Hotel Borobudur, Sabtu (22/8/2018).

Pada dasarnya, katanya, tubuh membutuhkan Vitamin C sekitar minimum 60 mg/hari dan kebutuhan Vitamin C itu dipengaruhi oleh berat badan. Kebutuhan Vitamin C bagi orang dewasa lebih tinggi dari anak-anak, tapi tidak dipengaruhi oleh umur.

"Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih besar dari Vitamin C, maka kebutuhan Vitamin C harus terpenuhi sekitar 200 - 300mg/hari secara rutin," katanya.

Dia mengatakan sumber Vitamin C lebih baik dari buah-buahan dibandingkan bentuk suplemen, karena pada buah terdapat banyak zat gizi lain dan serat yang dibutuhkan tubuh, sementara suplemen Vitamin C hanya mengandung satu macam saja.

Mengkonsumsi buah-buahan yang beragam sebagai sumber Vitamin C untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C, katanya, lebih baik dari pada mengkonsumsi satu macam.

Kandungan Vitamin C dari setiap buah-buahan itu berbeda-beda. Empat buah-buahan yang mengandung Vitamin C paling tinggi yaitu kiwi Zespri sungold mengandung Vitamin C sebanyak 142 mg/100 gr, kiwi Zespri gold 108,5 mg/100 gr, Zespri green 85,1 mg/100 gr), dan lengkeng (84 mg/100 gr).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Editor : Setyardi Widodo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro