Olahraga jaga kebugaran tubuh/learn.peerwell.co
Health

Anda Hobi Olahraga Malam? Perhatikan Saran Dokter Berikut Ini

Wike Dita Herlinda
Senin, 24 Agustus 2015 - 16:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Banyak orang berpikir lebih baik menyempatkan berolahraga malam sepulang kerja, daripada tidak berolahraga sama sekali. Namun, dari segi kedokteran, sebenarnya olahraga pada malam hari kurang disarankan kecuali pelakunya memperhatikan beberapa prekondisi.

Dokter spesialis olahraga Dr. Imran Agus Nurali SpKO menjelaskan beberapa pantangan yang harus diperhatikan oleh para penggiat olahraga malam. Salah satunya adalah jenis olahraga yang cocok dilakukan orang di bawah 30 tahun dan orang dengan risiko penyakit.

Dr. Imran yang juga adalah Kasubdit Bina Kapasitas Kerja Direktorat Bina Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan menegaskan agar tubuh dapat beradaptasi dengan olahraga malam, seseorang harus memiliki komitmen dalam pengaturan waktu.

Apa perbedaan olahraga saat malam dibandingkan pagi hari?

Intinya sih sebenarnya olahraga itu paling bagus dilakukan pada pagi hari, dibandingkan sore atau malam hari. Pada pagi hari, kandungan oksigen dalam udara relatif lebih banyak dan bersih.

Selain itu, kondisi tubuh manusia pada pagi hari masih segar dan belum terlalu capai karena baru mulai bergerak.

Hanya saja masyarakat di perkotaan mungkin mencari waktu pagi hari semakin susah. Jadi, pilihan satu-satunya sore atau malam. Dan yang paling memungkinkan dari sisi kesibukan adalah malam hari.

Prekondisi apa yang harus diperhatikan saat olahraga malam?

Sebenarnya kalau dia sudah terbiasa sih tidak apa-apa karena tubuh manusia akan beradaptasi.

Yang terpenting, dia harus punya cukup waktu untuk recovery dulu, jangan sampai terlalu lelah setelah bekerja terus masih dilakukan olahraga malam.

Jadi harus ada masa istirahat dulu setelah pulang kerja, atau selama di perjalanan kalau bisa istirahat, baru kemudian mulai olahraga.

Apa yang harus dipersiapkan sebelum olahraga malam?

 Kemungkinan besar, [manfaat] olahraga malam tidak bisa maksimal [untuk tubuh]. Jadi , harus dilakukan bertahap, jangan langsung melakukan olahraga yang telalu melelahkan.

Karena, kalau sampai melakukannya olahraga yang menguras energi dan dilakukan terlalu malam, nanti malah mengganggu jam tidur.  

Apa tips untuk mengatur waktu?

Kalau bisa, selesai berolahraga 2 jam sebelum waktu tidur. Jangan sampai tidurnya kemalaman, denyut nadi masih tinggi, sehingga dia nanti malah susah tidur.

Jangan sampai terlalu malam dan tidak boleh terlalu lelah. Mungkin, nanti dia akan membiasakan diri, sehingga minimal 2 jam sebelum tidur dia harus sudah selesai berolahraga.

Selain itu juga harus mengatur waktu makannya. Waktu makan sebaiknya 1 ja setelah berolahraga dan jangan terlalu banyak, karena saat malam hari tidak disarankan untuk melahap terlalu banyak.

Lalu, sebelum olahraga paling bisa mengonsumsi snack atau makanan ringan. Jadi, kuncinya adalah mengatur waktu makan, jenis makanan, kemudian jam tidur.

Ada larangan tertentu yang harus diperhatikan bagi penyuka olahraga malam?

Dia harus memperhatikan faktor risiko penyakit, seperti jantung atau hipertensi. Jadi, harus dikonsultasikan ke dokter olahraga terlebih dahulu, agar dapat dikendalikan faktor risiko penyakitnya.

Olahraga yang paling aman untuk malam hari bagi adalah yang sifatnya lebih santai, seperti jalan, sepeda statis, atau tread mill.

Kalau begitu, adakah olahraga yang tidak dianjurkan untuk malam hari?

Futsal tidak dianjurkan. Tenis juga sebenarnya, kecuali dia sudah terlatih dan lawannya harus yang seimbang. Demikian pula dengan gym.

Namun, untuk yang masih muda di bawah usia 30 tahun tidak apa-apa, asalkan dia bisa menjaga pola istirahatnya.

Jam berapa idealnya olahraga malam dilakukan?

Antara jam 8 sampai jam 9 malam, jangan lewat dari itu. Pada kisaran waktu itu, asumsinya dia sudah sempat beristirahat setelah jam kantor, dan sebelum tidur dia masih punya waktu untuk recovery sehingga tidak mengganggu jam tidurnya.

Apa keuntungan atau manfaat olahraga malam bagi tubuh?

Keuntungannya paling hanya dari sisi memanfaatkan waktu yang tidak dia punya pada pagi hari. Daripada tidak berolahraga sama sekali.

Syaratnya, tinggal mengatur hal-hal seperti yang dijelaskan tadi. Nanti lama kelamaan tubuh kita akan beradaptasi juga.

Biasanya tubuh butuh berapa lama untuk bisa beradaptasi?

Biasanya sekitar 3 bulan. Jika olahraganya dilakukan secara rutin, minimal 12 pekan dia udah bisa beradaptasi sehingga tubuhnya menjadi lebih siap.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro