Hamil/boldsky.com
Health

Hindari Lahirkan Bayi Ukuran "Raksasa", Periksa Rutin Kandungan Usia 24 Minggu

Duwi Setiya Ariyanti
Senin, 24 Agustus 2015 - 18:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Melahirkan bayi dengan bobot lebih dari 4 kg memiliki sejumlah kekhawatiran. Oleh karena itu, saat menginjak usia kandungan 24 minggu ibu harus memeriksakan kandungannya.

Pakar Diabetes Agung Pranoto mengatakan ibu hamil yang menyentuh usia kehamilan 24 minggu harus diperiksakan. Terutama, bila memiliki postur gemuk secara genetik. Bertambahnya usia kehamilan akan sangat berpengaruh pada penambahan kadar gula dalam darah. Pasalnya, hal ini bisa menyebabkan giant baby atau bayi terlahir raksasa.

"Usia kandungan 24 minggu harus di-screening. Bertambahnya umur kandungan, gula akan naik dan risiko giant baby sangat berbahaya," ujarnya dalam jumpa pers di Mal Grand Indonesia, Senin (24/8/2015).

Normalnya, perempuan yang mengandung mengalami kenaikan berat badan di bawah 18 kg. Bila menyentuh angka ini, risiko melahirkan bayi raksasa lebih besar. Apalagi, bila kadar gula darah tinggi dan mengidap diabetes gestasional. Diabetes gestasional tersendiri adalah keadaan saat gula darah tinggi selama masa kehamilan. Hal ini terjadi pada 1 dari 25 kehamilan di seluruh dunia.

Dengan demikian, penting untuk memeriksakan kesehatan meski dalam keadaan hamil. Pasalnya, bayi membesar karena kelebihan kadar gula dari aliran darah sang ibu. Proses melahirkan akan menjadi lebih sulit bagi ibu yang memiliki bayi besar dalam kandungannya.

Disarankan, pengobatan bisa dilakukan saat usia kehamilan 24 minggu, sebelumnya dan sesudahnya. Tujuannya, agar bayi lahir dengan selamat dan peluang mengidap diabetes juga rendah. Selain itu, pengobatan pasca bersalin juga bertujuan untuk menekan peluang ibu mengidap diabetes tipe 2.
 
"Mendapat pengobatan sangat penting baik sejak awal kehamilan maupun saat usia 24 minggu," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro