Ginseng kuning (Rennelia elliptica)/angio.bergianska.se
Health

Ini Ginseng Kuning, Obat Kuat Pria, dari Kalimantan

Newswire
Selasa, 25 Agustus 2015 - 08:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Namanya memang ginseng kuning, tapi bukan berarti tumbuhan dari Kalimantan ini masih serumpun dengan ginseng dari Korea.

SIMAK: 9 Tempat Harus Anda Kunjungi di Busan

 

Ginseng kuning malah satu keluarga dengan tanaman kopi. Khasiatnya: meningkatkan vitalitas pria.

BACA JUGA: Beredar 'Obat Kuat Pria' Mengandung Kimia Berbahaya

Kemampuan ginseng kuning (Rennelia elliptica) itu diungkap Andria Agusta, peneliti dari Pusat Penelitian Biologi LIPI. Dia mengetahui "obat kuat" itu dari cerita masyarakat setempat di Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat.

SIMAK: 50 Obat Berbahaya, Penjualan Obat Online Diblokir

"Para suami di pedalaman Nanga Pinoh acap kali merebus akar ginseng kuning sebelum bercinta dengan istrinya," kata Andria, Senin (25/8/2015).

Obat kuat tradisional itu terbukti meningkatkan frekuensi kawin pada mencit yang diberi ekstrak akar ginseng kuning di laboratorium. Setiap hari, selama jangka waktu tertentu, mencit itu diberi ekstrak akar ginseng kuning.

Efek obat kuat terekam dalam video yang dipasang di kandang mencit. Di dalam sebuah kotak kaca persegi panjang, berulang kali mencit jantan mengendus bokong mencit betina. Perilaku hewan dengan nama latin Mus musculus itu merupakan bagian dari ritual perkenalan sebelum kawin.

Jarak antara perkenalan dan proses kawin berlangsung cepat. Hal ini tak biasa dalam siklus kawin tikus kecil itu.

"Itu menunjukkan peningkatan libido yang cukup signifikan," ujar Andria, yang memimpin riset tentang manfaat afrodisiak ginseng kuning.

Dosis

Selain peningkatan intensitas proses perkenalan, Andria menuturkan, hasil penelitian tersebut menampakkan peningkatan durasi proses ejakulasi mencit jantan.

Meski belum bisa mengatakan berapa besaran pastinya, mencit jantan cukup sering melakukan penetrasi sebelum mengalami ejakulasi.

Penelitian ini juga mencakup efek jumlah dosis pada mencit. Ada tingkatan dosis yang bermula dari 25 sampai 200 miligram. Berdasarkan uji coba, Andria berpendapat besaran dosis tersebut tak begitu berperan dalam peningkatan waktu penetrasi sampai ejakulasi.

Andria dan timnya telah meneliti efek ekstrak akar ginseng kuning pada mencit sejak awal 2013. Penelitian terhadap tanaman sejenis sebenarnya telah dilakukan di Malaysia pada 2010.

Namun, eksperimen tersebut berfokus pada senyawa minor kimia yang dapat menjadi obat antimalaria. Adapun riset milik Andria dan kawan-kawannya lebih menyoroti aspek efek vitalitas pria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro