Ilustrasi/Wndu
Health

Inilah Beberapa Prosedur Untuk Mendeteksi Masalah Hati

Reni Efita
Kamis, 27 Agustus 2015 - 06:46
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA -- Hati merupakan salah satu organ pencernaan. Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki masalah hati. Inilah beberapa prosedur untuk mengetahui masalah hati.
 
Salah satu gejala awal masalah hati yang paling umum adalah mudah kelelahan. Pada umumnya para penderita penyakit hati sering merasa lesu, lelah, dan tidak bertenaga di pagi hari. Ada beberapa prosedur untuk mendeteksi masalah hati.
 
Chua Tju Siang Gastrointestinal Endoscopy & Liver Medical Group, pusat layanan kesehatan yang mengkhususkan diri dalam menangani masalah hati di Singapura, mempunyai beberapa prosedur untuk mendeteksi masalah hati.
 
Dr. Chua Tju Siang ahli medis RS Mounth Elizabeth Singapura datang ke Jakarta, Rabu (26/8/2015) mengatakan ada beberapa prosedur untuk mengetahui masalah pencernaan yang dapat mengganggu fungsi hati. Sebut saja endoskopi gastrointestinal (EGI) untuk memeriksa saluran cerna secara visual, colonoskopi untuk melihat saluran cerna dari bagian bawah.
 
Prosedur lainnya esofgo-gastro-duodenoskopi untuk diagnostik mencari sumber pendarahan.
 
Prosedur lainnya endoscopic retograde cholangio pancreatograpgy (ERCP) untuk tindakan endoskopi yang diindikasikan untuk kasus-kasus penyakit saluran empedu atau pun pankreas, diagnostic and interventional endoscopi ultrasound (EUS) yang juga dapat melihat organ-organ lain di dalam perut, endoscopic enternal stent placement dan percutaneous endoscopic gastrotomy (cara memenuhi kebutuhan kebutuhan makanan bagi pasien yang mengalami ganguan menelan akibat penyakit di bidang syaraf.
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro