Pembukaan Sanur Village Festival/Bisnis.com-Feri Kristianto
Show

Sanur Village Festival Resmi Dibuka

Feri Kristianto
Kamis, 27 Agustus 2015 - 13:30
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR- Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Ngurah Puspayoga membuka secara resmi Sanur Village Festival ke-10, Rabu (26/8/2015) malam.

Keduanya menandai pembukaan festival yang akan berlangsung hingga Minggu (30/8/2015) itu dengan cara melepaskan anak panah, didampingi mantan Menpar I Gde Ardika dan Ketua Yayasan Pembangunan Sanur (YPS) Ida Bagus Gede Sidharta Putra. Begitu anak panah lepas dari busur disambut pergelaran sendratari ”Samudera Kerthi” garapan seniman Sidia.

Arief mengatakan Sanur dengan branding “Morning of the World” akan dipromosikan ke seluruh dunia bersama branding pariwisata nasional “Wonderful Indonesia”. Sejumlah publikasi, menurutnya, telah dilakukan di media cetak dan elektronik internasional.

Selain itu, dia meminta anak-anak muda di Sanur ikut membantu menyebarluaskan keindahan dan keunikan wilayah pesisir itu melalui media sosial.

"Buatlah video pendek 30 detik dan foto-foto yang bagus kemudian upload ke sosmed, ini akan membantu promosi pariwisata,” ujarnya.

Arief juga memuji keberhasilan Sanur mengembangkan pariwisata berbasis komunitas (community based tourism) dengan tetap mempertahankan tradisi dan kearifan lokal. Melalui SVF seluruh potensi komunitas tersebut dikembangkan secara kreatif, termasuk keberadaan UKM.

Terkait hal tersebut, sebelum acara pembukaan SVF Arief sempat melakukan beberapa kegiatan yakni melepas tukik, berbicara dalam Telkom Talkshow di Puri Santrian dan meresmikan Kampung UKM Wisata Digital di Pasar Sindu. Kampung digital ini merupakan proyek rintisan pasar tradisional dengan sentuhan teknologi informasi. Dia berharap Sanur bisa menjadi etalase UKM baik dari segi produksi maupun pemasaran.

Menurut Sidharta Putra, pelaksanaan SVF 2015 menjadi momentum untuk melakukan refleksi perjalanan 10 tahun sebagai tonggak mewujudkan branding dan promosi secara mandiri serta berkelanjutan. Festival ini digelar pertama pada 2006 ditujukan sebagai upaya pemulihan terpuruknya angka kunjungan wisatawan pascatragedi bom 2005, kini telah menjadi media kreatif yang mengembangkan berbagai potensi Desa Sanur.

Dalam SVF tahun ini berbagai program kegiatan digelar kembali seperti kompetisi surfing, lomba jukung, wisata kota bersepeda, festival & lomba makanan, mengukir & buah, pawai budaya, festival layang-layang internasional, fashion show, body painting, pameran foto, eksibisi lukisan Himpunan Pelukis Sanur, dan panggung hiburan. Selain itu ada pula bazar UKM dan produk kreatif yang dikemas dalam Sanur Kreatif Expo.

Panggung hiburan selain menampilkan tari tradisional, tari api, dan garapan kolosal Sidia, bakal diisi sejumlah penyanyi serta musisi seperti Ayu Carmen, Gus Teja, Ayu Laksmi, Joni Agung n Double T, Balawan, Sandy Sandoro, Indra Lesmana, Dialog Dinihari, Endah & Reza, Mike Mohede, Trisum dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Feri Kristianto
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro