Pembersihan menyeluruh usus besar diperlukan sebelum kolonoskopi, dan setiap polip kolon yang ditemukan dapat dikikis selama prosedur ini dilakukan.. /daherba.com_
Health

Kanker Usus Besar Bisa Tak Tunjukkan Gejala

Tisyrin Naufalty Tsani
Jumat, 28 Agustus 2015 - 17:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Kanker usus besar atau kanker kolorektal dini mungkin saja memiliki gejala yang amat minimal, atau bahkan tak ada gejala sama sekali.

Chua Tju Siang, ahli medis Rumah Sakit Mount Elizabeth, mengatakan biasanya yang menjadi gejala awal adalah ketidaknyamanan perut, perdarahan dari bagian belakang, kelainan pada gerakan usus, termasuk sembelit dan diare.

“Pada stadium lanjut mungkin ada kehilangan nafsu makan dan berat badan,” katanya melalui siaran pers Jumat (28/8/2015).

Kanker kolorektal lebih mungkin terjadi pada usia lanjut, terutama di atas 50 tahun. Pada beberapa orang, polip dapat berkembang di usus besar dan rektum.

Pertumbuhan ini mulanya jinak (non-kanker), tetapi bisa berubah ganas (kanker) seiring berjalannya waktu. Tidak semua polip menjadi kanker, karena penanganan yang tepat dapat mengurangi risiko terkena kanker kolorektal.

Seseorang perokok pun memiliki resiko tinggi terkena penyakit ini. Beberapa studi lain pun menunjukkan bahwa lemak tinggi, diet rendah serat juga dapat meningkatkan risiko kanker kolorektal. Seseorang yang telah memiliki kanker kolorektal dapat terjangkit kanker yang sama untuk kedua kalinya.

Wanita dengan riwayat ovarium, rahim atau kanker payudara memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit ini. Sebuah riwayat keluarga kanker kolorektal dan kondisi genetik tertentu seperti penyakit radang usus (penyakit Crohn atau kolitis ulserativa) selama bertahun-tahun juga memiliki peningkatan risiko mengembangkan kanker kolorektal.

Cara yang paling akurat untuk menyaring kanker kolorektal adalah dengan memakai teknik Colonoscopy. Biasanya dilakukan dengan sedasi, yang menggunakan tabung tipis dengan kamera video di ujungnya yang dimasukkan usus besar.

Pembersihan menyeluruh usus besar diperlukan sebelum kolonoskopi, dan setiap polip kolon yang ditemukan dapat dikikis selama prosedur ini dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro