Ilustrasi/Selectism
Fashion

9 Karakteristik Bahan Wol Merino

Duwi Setiya Ariyanti
Selasa, 1 September 2015 - 14:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Inovasi di bidang mode tak hanya menggunakan bahan seperti katun, sutra, dan tulle. Wol, contohnya, tak saja populer sebagai bahan dasar pembuatan baju hangat, ternyata bahan ini juga banyak diolah menjadi berbagai macam model pakaian.

Global Manager Developing Markets Australian Wool Innovation, Rajesh Bahl, mengatakan wol yang dihasilkan domba merino memiliki sifat yang begitu unik. Keunikannya, katanya, bisa dimanfaatkan untuk menciptakan busana yang daya tariknya tak kalah dengan bahan lain.

"Wol merino sangatlah unik. Berbagai pakaian bisa dibuat dengan wol merino," ujarnya dalam jumpa pers di Hotel Grand Hyatt, Senin (31/8/2015).

Selain itu, wol merino saat ini dianggap bahan wol yang terbaik dan memiliki tekstur yang sangat lembut. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah 9 karakteristik bahan wol merino.

1. Menyerap keringat

Helaian benang wol merino memiliki kapasitas lebih besar untuk menyerap keringat dan kelembapan di kulit. Dengan demikian, wol tak akan membuat kulit terasa gatal bila dikenakan saat udara panas. Bahkan, kekuatannya melebihi jenis material lain seperti katun dan sutra.

2. Cocok di berbagai cuaca

Tak seperti bayangan soal wol yang terkesan panas saat dikenakan, wol jenis ini justru bisa bertahan di berbagai cuaca. Wol merino tetap bisa menghangatkan tubuh saat cuaca dingin, namun tak menambah suhu ketika cuaca panas. Pasalnya, jenis helaian seratnya memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan cuaca sekitar.

3. Elastis

Helaian benangnya yang keriting membuat pakaian berbahan wol merino bisa lebih elastis. Oleh karena itu, tak usah khawatir bila pakaian Anda tak akan memiliki bentuk yang sama setelah dicuci berkali-kali. Benangnya yang keriting ini menjaga pakaian tetap pada bentuknya bahkan hingga 2.000 kali pemakaian.

4. Tahan terhadap debu

Kemampuan wol merino untuk menyerap keringat membuatnya bisa mencegah adanya listrik statis yang bisa menarik benda seperti debu. Tak heran, bahan yang diambil dari kulit domba merino ini lebih tahan terhadap debu dibandingkan bahan lainnya.

5. Tahan api

Tak seperti bahan lainnya yang mudah rusak saat terkena api, wol merino cukup tangguh. Pasalnya, jenis bahan ini memiliki kadar oksigen yang lebih sedikit. Adapun, bila dibandingkan dengan material lainnya wol merino memiliki indeks keterbatasan oksigen di atas 20 saat bahan lain seperti rayon dan katun berada di bawah angka 20.

6. Tak mudah kotor

Wol merino dilapisi sebuah permukaan di atasnya. Oleh karena itu, tak mudah bagi noda untuk menempel di bahan ini. Lapisan inilah yang menghambat noda yang merusak menancapkan partikelnya di permukaan wol.

7. Melindungi dari sinar matahari

Tak saja menjaga suhu tubuh, menggunakan pakaian berbahan dasar wol merino bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Hal ini karena, sun protective factor yang terdapat pada bahan ini mendekati angka 30. Berbeda dengan bahan lain seperti katun yang memiliki kadar spf tak setinggi itu.

8. Mudah dibersihkan

Bila harus dibersihkan, sangat mudah untuk membuat wol bersih kembali. Wol bisa dibersihkan dengan cara mencucinya dengan mesin cuci ataupun sekadar mencucinya dengan tangan. Dengan demikian, tak perlu khawatir bila pakaian kesayangan Anda yang berbahan wol kotor.

9. Mengunci warna

Sudah menjadi siklus bagi sehelai pakaian yang dicuci dan dikenakan berkali-kali pudar warnanya. Berbeda dengan pakaian berbahan dasar wol merino, jenis ini justru mampu mengunci warna. Tak perlu takut bentuk dan warnanya berubah karena wol merino akan mempertahankannya persis seperti saat Anda membukanya dari tas belanja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro