Batu akik/Antara
Fashion

Medan Gelar Pameran 1.200 Jenis Batu Akik

Novita Sari Simamora
Rabu, 2 September 2015 - 14:29
Bagikan

Bisnis.com, MEDAN--Untuk mendongkrak penjualan batu akik, Kota Medan menggelar pameran 1.200 jenis batu akik dan batu  mulia.

Pelaksana Harian (Plh) Walikota Medan Syaiful Bahri Lubis menuturkan pameran kontes batu Cincin Nusantara 2015 sebanyak 1.200 jenis batu cincin yang berasal dari seluruh Nusantara.

“Ini [batu akik dan mulia] kekayaan alam Indonesia yang memang harus dilestarikan dan  nantinya diwariskan kepada anak cucu," ungkapnya, seperti yang dikutip dari laman resmi Pemko Medan, Rabu (2/8/2015).

Syaiful menjelaskan batu cincin saat ini sudah banyak diminati masyarakat, khususnya masyarakat Kota Medan. Menurutnya, dengan menampilkan kekayaan batu di Kota Medan, maka akan membantu pecinta  dan kolektor batu permata dalam mengenal jenis batu.

Selain menambah pengetahuan mengenai batu asli Indonesia, kata Syaiful, pameran dan kontes ini berlangsung 1-6 September 2015. Adapun pameran ini digelar di Palladium Plaza.

Pameran ini juga menghadirkan batu mulia yang berasal dari Aceh seperti Bio Solar, Bacan Maluku, Sungai Dareh Sumbar maupun beberapa jenis batu langka dan memiliki keunikan seperti Sigori Lafau dari Nias.

Ketua APBSU (Asosiasi Pecinta Batu permata Sumatera Utara) Marjohan Batubara menjelaskan pameran kali ini menampilkan 85 stand yang melibatkan pengrajin batu di Aceh hingga Papua. Dia pun tak menampik bahwa perlambatan ekonomi domestik sempat  membuat bisnis batu akik dan mulia melambat.

“Semoga melalui pameran dan kontes ini, pasaran batu akik maupun batu mulia kembali bergeliat,” ungkap Marajohan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro