Ilustrasi-drone/Hackerthings
Relationship

Tips Agar Bertahan dalam Bisnis Jasa Foto Udara

Nenden Sekar Arum
Kamis, 3 September 2015 - 15:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Untung yang menggiurkan tidak serta merta membuat orang mampu bertahan untuk menjalankan bisnis. Termasuk dalam bisnis foto udara, apalagi ditambah persaingan bisnis yang cukup ketat.

Sebagai orang yang sudah malang melintang di bisnis foto udara selama lebih dari dua dekade, Tony Irawan memiliki beberapa saran dan tip bagi siapa saja yang ingin menjajal dan menyeriusi foto udara.

Tony mengatakan, hal yang paling penting agar seseorang bisa terjun ke dalam bisnis ini adalah harus memiliki ketertarikan terhadap dunia foto udara. Dimulai dari kegemarannya terhadap teknologi pengedali jarak jauh, ditambah dengan keterampilan fotografi.

“Ada orang yang memang mahir menerbangkan drone, tetapi tidak memiliki kemampuan fotografi maka hasil foto udaranya tidak akan bagus,” katanya.

Untuk itu, seseorang yang memiliki latar belakang di dunia fotografi akan sangat membantu saat menjalani bisnis ini. Tentu saja, hal tersebut pun harus didukung oleh keterampilan teknis mengendalikan pesawat tanpa awak yang akan membawa kamera.

Kedua, seperti saat menjalankan bisnis lainnya, pelaku usaha yang ingin masuk ke bisnis foto udara juga harus memiliki mental yang kuat dan tahan banting.

Pasalnya, persaingan semakin ketat dengan bermunculan pemain-pemain baru, sehingga konsumen mempunyai banyak pilihan. Jadi, bukan tidak mungkin akan berebut pelanggan dan hal itu hanya bisa diatasi jika si pemain tahan mental sehingga tidak mudah menyerah.

Ketiga, prinsip utama dalam bisnis jasa adalah pelayanan. Mau tidak mau jika jasa foto udara ingin memiliki pelanggan yang loyal tentu saja pelayanan menjadi nomor wahid.

“Jika perlu, berikan garansi kepuasan untuk konsumen kalau fotonya tidak sesuai yang diharapkan tidak perlu dibayar, atau beri layanan foto ulang hingga konsumen puas,” katanya.

Apabila konsumen memiliki tingkat kepuasan yang tinggi terhadap jasa yang diberikan, secara tidak langsung mereka akan menjadi agen marketing yang merekomendasikan kepada rekan-rekannya yang membutuhkan jasa serupa.

Terakhir, jangan mencoba untuk banting harga atau perang harga untuk memenangkan konsumen. Selain memberikan profit yang sedikit, hal itu juga bisa merusak industri jasa foto udara yang tengah berkembang.

“Sebaiknya sama-sama membangun industri ini dengan berlomba-lomba memberikan pelayanan yang baik, bukan dengan perang harga,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro