Roll Film. /gradunion.cam.ac
Entertainment

Jakarta Gelar Festival Film IFFPIE & WHA

Puput Ady Sukarno
Kamis, 3 September 2015 - 22:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Hari Perdamaian Sedunia yang jatuh pada 21 September 2015 akan dirayakan secara meriah di Jakarta lewat festival film internasional bertajuk International Film Festival for Peace, Inspiration and Equality (IFFPIE) dan World Humanitarian Awards (WHA) yang diikuti 75 negara.

Founder sekaligus Director IFFPIE dan WHA, Damien Dematra, mengatakan bahwa sebanyak 75 negara yang menjadi peserta tersebut telah mengirimkan film sejak pendaftaran pertama kali dibuka pada Oktober 2014.

Menurutnya, pada tahun ini ada 315 film yang ikut bersaing, dan telah dipilih 45 film yang akan ditayangkan dari 14-21 September 2015.

"Nama-nama besar yang ikut menjadi nominasi pada tahun ini di antaranya Adolo Perez (peraih nobel perdamaian), grup musik U2, Dennis Rodman lewat upaya perdamaiannya di Korea Utara, aktor Leonardo DiCaprio, grup musik Pearl Jam, sutradara nominator Oscar Guy Davidi, dan aktor Hollywood Robin Shou lewat karya film tentang Tsunami di Aceh, dan lain-lain" tuturnya, seperti siaran pers yang diterima Bisnis, Kamis (3/9/2015).

Pada tahun lalu, IFFPIE dan WHA memberikan penghargaan Man of Inspiration kepada Presiden Jokowi.

Selain itu, festival yang sudah berlangsung selama empat tahun ini sebelumnya telah memberikan penghargaan kepada karya karya besar Hollywood di antaranya James Cromwell, Susan Sarandon, David Anders, Julian Sands, dan Martin Sheen.

Dedeh Kurniasih, Sekjen Dewan Kreatif Rakyat (DKR) yang merupakan partner pelaksana festival, pada puncak perayaan Hari Perdamaian Sedunia yang akan diadakan di Planet Hollywood pada 21 September 2015, dan akan diluncurkan album perdamaian One Love karya penyanyi muda multi talenta Natasha Dematra.

Sebelumnya Natasha telah meraih 15 penghargaan internasional untuk lagu-lagunya, diantaranya Penyanyi Terfavorit Global Music Awards 2015 dan nominasi di Utah Music Awards.

Festival ini juga bekerjasama dengan Relawan Internasional I-Hebat dibawah pimpinan Arie Rahmadani. Akan dihadirkan 600 pelajar se-Jabodetabek untuk menyaksikan film-film perdamaian dan kemanusiaan, dilanjutkan dengan sharing kreativitas oleh sutradara-sutradara ternama, agar terjadi alih pengetahuan untuk generasi muda Indonesia dan tercipta generasi yang kreatif, humanis dan cinta perdamaian.

Pada tahun ini, IFFPIE dan WHA juga bekerjasama dengan International Film Competition Festival (IFCOMFEST) dalam menghadirkan karya- karya terbaik sineas dunia, di antaranya nonton bareng dan jumpa pers dengan aktor dan sutradara Hollywood, Robin Shou.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro