Patung karya Budi l. Tobing terpajang pada pembukaan Pameran Seni Rupa para pengajar Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta yang bertajuk Aksi: Merayakan Kreativitas, di Galeri Cipta 2, TIM, Jakarta, Jumat (4/9/2015). Pameran ini berlangsung hingga 14 September 2015./Antara-Dodo Karundeng
Show

53 Dosen IKJ Gelar Pameran Seni Rupa

M. Taufiqur Rahman
Sabtu, 5 September 2015 - 01:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 53 dosen Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta (IKJ) menggelar pameran seni rupa bersama. Pameran yang diselenggarakan pada 4-19 September di Taman Ismail Marzuki mengambil tema Seni Aksi Merayakan Kreativitas.

Dekan Fakultas Seni Rupa IKJ Citra Smara Dewi mengatakan ada dua alasan yang melatarbelakangi diadakannya pameran tersebut. Pertama, untuk menunjukkan eksistensi para dosen dibidang seni rupa.

"Kami sebagai lembaga pendidikan ingin memberikan informasi bahwa di tengah kesibukan sebagai pengajar, kami tetap bisa berkarya," katanya saat pembukaan pameran pada Jumat (4/9/2015) malam.

Alasan kedua adalah untuk menjaga dan mengembangkan tradisi pameran, sebab kegiatan seperti itu juga menjadi ajang untuk menjalin kekerabatan di antara para dosen.

Wanita yang akrab disapa Citra ini menambahkan hal menarik lain yang patut dikritisi pada pameran ini adalah bagaimana pihaknya mencoba menghadirkan karya yang bersifat lintas disiplin seni rupa baik desain, seni murni, seni kriya, fashion, fotografi dan multimedia.

Menurut dia, perupa tidak seharusnya terkotak-kotak pada satu disiplin ilmu, melainkan harus bisa melintasi batas. “Konsep ini menjadi ruh dalam setiap pengajaran yang diselenggarakan IKJ.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro