Pernak-pernik perhiasan ala India. /pernak-pernikindia
Fashion

Pernak-Pernik Cantik Bak Boneka India

Wike Dita Herlinda
Minggu, 6 September 2015 - 07:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Demam Bollywood kembali menyerang sebagian kalangan masyarakat Indonesia. Tak hanya sinetron dan para aktor maupun aktris India saja yang tengah digandrungi oleh kaum hawa, segala pernak-pernik negara Asia Selatan itu juga sedang laku di pasaran.

Cici, owner PernakPernikIndia.com, menjelaskan aksesori khas India sudah mulai digemari kaum hawa di Tanah Air sejak film Bollywood berdurasi panjang pertama kali masuk ke Indonesia. Dia mengatakan tren aksesori India—dari hiasan rambut, jemari, tangan, hingga kaki—mulai booming pada dekade 1970-an.

Pernak-pernik India disukai karena keunikan dan perpaduan warnanya yang cantik. Di Indonesia, para pencinta aksesori India rela merogoh kocek lebih dalam untuk berburu koleksinya hingga ke pelosok jalanan di New Delhi.

Namun, bagi yang belum mampu ke luar negeri, saat ini sudah banyak penjual aksesori India di Tanah Air. “Bahkan bukan hanya aksesori India yang sedang tren, busana Negeri Bollywood itu juga sedang banyak dicari,” kata Cici.

Menurutnya, aksesori India digemari oleh hampir semua lapisan masyarakat dari berbagai rentang usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Penggemarnya banyak berasal dari daerah Kalimantan, meskipun dari Sumatra, Jawa, dan Papua juga banyak dijumpai.

Aksesori India yang banyak dicari pun beragam, mulai dari bridal set, kalung etnik, maang tikka/mattapathi (hiasan dahi), anting hidung model jepit, anting jhumka, cincin taal/panja (gelang yang menyambung dengan cincin), gelang lengan, ikat pinggang, payal (gelang kaki), cincin kaki, dan bangle (gelang keroncong).

Perhiasan-perhiasan ini biasanya berwarna kuning emas dengan nuansa ramai dan kombinasi bebatuan warna-warni yang unik. Perangkat perhiasan suasa dengan detail ramai dan rumit serta beraneka warna bebatuan terang khas India itu biasanya dipadukan dengan pakaian adat seperti saree, anarkali, kurti set, lehenga set, dan masih banyak lagi.

Untuk tampilan lebih modern, perhiasan etnik India dengan aneka warna  dapat dipadupadankan dengan busana masa kini, sehingga membuat pemakainya tampil lebih chic. Tentunya, dibutuhkan rasa percaya diri untuk menyandang pernak-pernik khas Negeri Taj Mahal itu.

“Sebenarnya aksesori India bisa dipakai untuk segala suasana, baik yang kasual atau santai sampai formal. Biasanya, perhiasan India dipakai untuk acara-acara seperti arisan, pesta, hingga acara pernikahan,” tutur Cici.

Pernak-pernik cantik ini sudah cukup mencuri perhatian meski dikenakan secara terpisah-pisah. Namun, jika Anda suka tampil berani, tidak ada salahnya mencoba kombinasi lengkap sekaligus.

Jadi, tidak ada salahnya sesekali tampil beda dan menjadi perhatian dengan beragam aksesori India nan menawan. Dijamin, pemakainya akan tampak makin cantik bak boneka India. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bisnis Indonesia, Minggu (6/9/2015)
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro