Celana denim/Suessewing.co.uk
Fashion

Cara Membuat Ripped Jeans dari Koleksi Denim Pribadi

Duwi Setiya Ariyanti
Kamis, 10 September 2015 - 11:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Banyak eksperimen yang bisa dilakukan bila Anda memiliki celana denim. Mulai dari membentuk ulang potongannya hingga menambahkan beberapa efek. Termasuk salah satunya membuatnya menjadi ripped jeans seperti yang saat ini tengah tengah menjadi tren.

Namun, karena modelnya yang itu-itu saja membuat orang berpikir untuk membuatnya sendiri. Lantas, bagaimana cara membuatnya? berikut cara membuat ripped jeans.

Uniknya bahan ini membuat banyak kalangan pasti memiliki lebih dari satu celana denim di lemarinya. Apapun mereknya, denim menjanjikan kebebasan bagi penggunanya.

Raw denim yang cenderung lebih berat dan kaku ini akan memperlihatkan kualitasnya saat sudah dipakai. Oleh karena itu, banyak akhirnya yang mencoba menciptakan efek dari denim yang sudah dipakai. Bahkan, beberapa orang memilih menciptakan efek sobek. Padahal, sebenarnya itu akibat penggunaan dalam waktu lama atau kegiatan yang membuat bahan denim tergesek.

Tak sedikit yang sengaja merobeknya dengan cara menggesek-gesekkan permukaan denim. Presiden Direktur Logo Jeans Rene Martine mengatakan untuk membuat efek jeans robek atau ripped jeans bisa menggunakan mesin gerinda. Gerinda yang dipilih yaitu yang memiliki gigi cukup tajam.

Pilih saja bagian mana yang ingin terlihat robek. Biasanya, bagian lutut dan di dekat paha yang menjadi sasaran. Saat mesin menyala, tempelkan perlahan permukaan denim hingga gigi gerinda merusak serat kainnya. Buatlah tiga titik agak sobekan yang tercipta tak melebar. Usahakan ditempel secara perlahan agar kesan robek menjadi kian alami dengan serat-serat yang berantakan.

"Untuk bikin efek sobek itu bisa dengan mesin gerinda. Jadi nanti serat kain dari celananya rusak dan sobek," ujarnya kepada Bisnis.com, Rabu (9/9/2015).

Selain menggunakan gerinda, bisa juga menggunakan amplas. Menggunakan amplas untuk menciptakan efek ini akan lebih lama dan menguras tenaga Anda. Kendati demikian, Anda bisa mendapat hasil yang lebih natural dan menyesuaikan dengan mudah efek robek mana yang Anda inginkan. Amplas juga bisa sekadar membuat efek tergores di denim Anda dengan mengekspos serat denim di lapisan paling bawah sebelum akhirnya robek.

"Kalau mau yang sekadar rusak seratnya dan enggak sampai robek, bisa juga pakai amplas," katanya.

Kendati demikian, berbagai merek denim kini menyediakan ragam model. Salah satunya, ripped jeans. Alhasil, Anda yang tak mau menghabiskan banyak waktu bisa mendapat ripped jeans tanpa harus merobeknya sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro