ilustrasi/www.metalinjection.net
Fashion

Youtubers Kini Bisa Jadi Profesi Yang Menjanjikan

Newswire
Selasa, 15 September 2015 - 10:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Menjadi seleb YouTube saat ini sudah menjadi sebuah profesi baru yang menjanjikan. Salah satu seleb YouTube dari channel LASTDAY Production (LDP) mengaku sebulan bisa mendapatkan pemasukan puluhan juta rupiah dari kepopuleran video-video yang diunggahnya.

"Kita sudah jadi profesi di sini, kita juga main ke advertising, that’s why kita sebut ini sebagai profesi. Sebulan bisa puluhan juta sih pendapatan kita," kata Listia Magdalena alias Papao, salah seorang penggagas LASTDAY Production di Jakarta pada Senin.

LDP yang mulai terdaftar bergabung di YouTube sejak Maret 2004, mulai ditekuni serius oleh Leon Zhe Young alias Guntur, Paopao dan kawan-kawannya sejak 1,5 tahun lalu. Mereka mengaku, saat ini mereka 100 persen menekuni profesi sebagai youtubers yang awalnya hanya berawal dari hobi tersebut. Saat ini, LDP telah mendapat 300 ribuan subscriber dan lebih dari 58 juta viewer. Untuk video yang rata-rata berdurasi lima hingga tujuh menitan, LDP membutuhkan waktu lebih dari seminggu untuk syuting namun melibatkan hingga puluhan awak kerja.

"Kru kami ada dua orang sebagai produser, ada satu manajer, sisanya ada kameramen, talent, dan editor. Satu episode bisa produksi 7-10 hari. Idenya biasanya sih kita duduk bareng dulu konsep besarnya seperti apa, kemudian berlanjut ke syuting," kata Paopao. Untuk ide, riset biasa dilakukan untuk topik-topik sosial yang sedang "in".

"Yang sedang happening sekarang, misalnya tentang #guemahgituorangnya, makanya kita langsung bikin, terus nanti kalo lagi happening pakai kamera 360, kita cari ide lagi konsepnya gimana membuat 360 itu jadi menarik." Penggagas LDP lain, Leon Zhe Young atau yang akrab disapa Guntur menilai, ke depan profesi youtubers di Indonesia akan lebih menjanjikan mengingat ekosistem dan infrastruktur koneksi internet yang semakin baik. "Kita penduduknya banyak dibandingkan negara lain, tapi banyak juga yang masih belum dapat akses ke internet seperti orang-orang yang ada di daerah itu, tapi makin ke depan kan internet makin cepat."

"Misalnya negara kayak di Thailand atau Vietnam, pengguna youtube-nya itu udah lima kali lipat dari Indonesia. Jadi potensi youtube di Indonesia bisa semakin besar ke depannya," kata Guntur. Bagi para pemula yang ingin eksis sebagai seleb YouTube, Paopao dan Guntur menyarankan agar mereka menguatkan karakter.

"Enggak perlu ada background pendidikan atau ketrampilan khusus kok, sebenarnya suksesnya youtubers itu tergantung karakter masing-masing orangnya, di mana ada make up artis, ada cerita tentang diri dia, yang penting penonton 'kena' sama karakternya dia, begitu," kata Paopao.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro