Museum Basoeki Abdullah./Museum
Show

Pameran 100 Tahun Basoeki Abdullah Digelar 22-30 September

Azizah Nur Alfi
Jumat, 18 September 2015 - 10:40
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA - Museum Basoeki Abdullah menggelar pameran Rayuan 100 Tahun Basoeki Abdullah mulai 22-30 September di Museum Nasional Jakarta.
 
Lebih dari 47 karya asli lukisan Basoeki Abdullah dan karya reproduksi akan ditampilkan dalam pameran yang dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan, Senin (21/9) malam.
 
Kepala Museum Basoeki Abdullah Joko Madsono menuturkan pameran ini sekaligus ingin mengenalkan kembali maestro seni lukis Indonesia kepada anak muda. Dia melihat banyak mahasiswa seni yang tidak mengenal sosok Basoeki Abdullah sebagai salah satu perupa hebat yang dimiliki Indonesia.
 
"Yang mahasiswa seni saja tidak mengenal, apalagi yang di luar seni rupa," tuturnya saat Media Gathering di Museum Basoeki Abdullah, Kamis (17/9) sore.
 
Pameran ini sekaligus ingin menunjukkan bahwa perupa Basoeki Abdullah juga menghasilkan lukisan perjuangan dan religi. Ini terlihat dari karya lukisan dimana Pangeran Diponegoro sedang menaiki kuda untuk berperang dan lukisan salib Katolik serta Bunda Maria. Ini menjawab kritikan yang mengatakan bahwa Basoeki Abdullah hanya memotret tentang mistik Jawa, lukisan telanjang, atau kebarat-baratan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro