Ilustrasi/Antara-M Risyal Hidayat
Fashion

Mengenalkan Batik Langgar Dalem Kudus dalam Buku "Batik Kudus the Heritage"

Reni Efita
Sabtu, 3 Oktober 2015 - 16:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--- Dalam rangka acara  peringatan Hari Batik Nasional 2015, Bakti Budaya Djarum Foundation bersama  pembina batik Kudus Miranti Serad Ginanjar meluncurkan buku bertajuk Batik Kudus The Herittage.

“Senang sekali pada hari peringatan Hari Batik Nasional ini kami  dapt meluncurkan buku Batik Kudus The Heritage. Buku ini diterbitkan untuk menggali kembali kekayaan Batik Kudus yang sudah  nyaris punah dan kurang diapresiasi oleh masyarakat .

Diharapkan buku ini dapat menjadi inspirasi  bagi pencinta wastra Indonesia dan dapat mengajak masyarakat untuk lebih mengenal  Batik Kudus yang merupakan bagian dari batik pesisir dan sejarah batik di Indonesia,” kata Renitasari Adrian, Program Direktur Bakti Budaya Djarum Foundation.

Batik Kudus  sudah populer sejak era Sunan Kudus pada abad  ke-6 dan perpusat di Langgar Dalem yang dikenal dengan motif batik Langgar Dalem yang sarat dengan sentuhan Islam.

Sekitar tahun 1920-an hingga 1930-an,  Batik Kudus mengalami asimilasi dengan kebudayaan China.

Sebagai pembina batik Kudus, kata Miranti, melalui buku tersebut dia ingin berbagi cerita Batik Kudus secara mendalam dari masa ke masa, dari sisi sejarah dan perkembangannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro