Diet/boldsky.com
Fashion

Inilah 4 Pola Makan Sehat Untuk Turunkan Berat Badan

Reni Efita
Sabtu, 3 Oktober 2015 - 06:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA --  Banyak cara yang dilakukan orang untuk menurunkan berat badan,  tapi tidak melakukan pola makan yang sehat. Bagaimana cara menurunkan berat badan yang sehat?

Dokter ahli gizi klinik FKUI RSCM, Inge Permadhi memberikan cara menurunkan berat badan yang sehat. Yang dia sebut dengan istilah 4J.

 “Ada 4J pola makan sehat untuk menurunkan berat badan,” kata Inge pada acara Media Workshop tentang WRP: Leans is the Beautiful, Jumat (2/10/2015).

Keempat J tersebut yaitu jumlah, jenis, jadwal, dan jurus masak.

Dari segi jumlah makan ditentukan berdasarkan jumlah kalori yang dibutuhkan untuk berat badan ideal dan ditambah dengan energi untuk ativitas olahraga.

Kedua jenis makanan yang dikonsumsi tetap mengikui pola  makan sehimbang yang terdapat karbohidrat, protein hewani atau nabati, sayur, buah, dan 8 gelas air minum.

Lalu ketiga jadwal. Jadwal  perlu teratur   setiap harinya yaitu sarapan pagi, makan siang dan makan malam, tapi porsi  bisa 20% untuk sarapan, 40% makan siang, dan 30% makan malam.

Kemudian keempat jurus masak. Banyak cara proses masakan seperti tumis, rebus, goreng, bakar, pepes. Inge mengatakan boleh makan semua masakan, tapi  perlu dibatasi makanan yang digoreng, karena banyak mengandung lemak jenuh. “Diet yang benar tidak dibatasi makan, variasi makanan banyak, makan teratur, olahraga teratur, dan motivasi harus kuat,” kata Inge.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro