Kantor HM Sampoerna. /HM Sampoerna
Health

Perpanjang Usia Anda Dengan Rutin Berjalan Kaki

Mia Chitra Dinisari
Senin, 5 Oktober 2015 - 12:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Berbagai kebiasaan sehat dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari demi meningkatkan usia harapan hidup, termasuk mengganti kebiasaan duduk selama sejam dengan berjalan kaki

Sebuah studi yang dipublikasikan jurnal Behavioral Nutrition and Physical Activity menyimpulkan, mengganti kebiasaan duduk selama sejam bisa mengurangi risiko mengalami kematian dini sekitar 12-14 persen. Temuan itu didapat setelah para peneliti mempelajari sekitar 200 ribu orang dewasa di usia pertengahan dan dengan memakai model statistik, kebiasaan para partisipan dipelajarai selama empat tahun.

Peneliti menemukan, hampir semua pekerja dalam cakupan studinya menghabiskan lebih dari 70 persen waktunya hanya untuk duduk (bekerja). Studi ini juga menyimpulkan, mengganti kebiasaan duduk selama satu jam saja dengan berdiri, bisa menurunkan risiko mengalami kematian dini sebanyak 5 persen. Kemudian, bagi partisipan yang tidak mendapatkan tidur cukup namun mengurangi kebiasaan duduknya satu jam saja dan mencoba mendapatkan waktu tidur cukup, berkurang risikonya mengalami kematian dini sekitar 6 persen.

"Temuan studi menunjukkan, perilaku tidak aktif merupakan tantangan kesehatan yang lebih besar dibandingkan yang kita duga," kata ketudi peneliti studi, Prof. Emmanuel Stamatakis seperti dilansir Medical News Today. Lembaga pengendalian penyakit (CDC) merekomendasikan orang dewasa setidaknya perlu melakukan 150 menit aktivitas fisik moderat, seperti berjalan cepat setiap minggu atau aktivitas yang bisa menguatkan otot setiap dua hari atau lebih dalam seminggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro