Ramadhan Bouqie/dgi-indonesia.com
Fashion

Ramadhan Bouqie Usung Tema Celebrating Disorder di Pameran Tunggalnya

Azizah Nur Alfi
Rabu, 7 Oktober 2015 - 13:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Studio Jean Kharis didukung Galeri Nasional Indonesia menggelar pameran tunggal Ramadhan Bouqie bertajuk Celebrating Disorder di Galeri Nasional. Ada 45 lukisan dan enam instalasi patung yang dihadirkan dalam pameran yang digelar hingga hingga 18 Oktober mendatang.

Celebrating Disorder menyajikan catatan kehidupan dan perilaku manusia, khususnya di Indonesia.

Di era yang telah maju dan berlaku secara global seperti saat ini, Ramadhan Bouqie memandang berlaku realitas yang cenderung menabrak dan mengabaikan, yang disertai dengan perilaku menolak aturan, tatanan hukum, etika, adab, dan kemuliaan manusia sebagai khalifah di muka bumi.

Realitas tersebut dikemas secara visual dengan menggunakan pendekatan simbolik, alegoris, komikal, parodikal, dan humor yang cerdas. Beberapa lukisan yang ditampilkan diantaranya memiliki ukuran yang cukup besar, yakni 200 x 800 sentimeter dan 2 x 1200 sentimeter.

Kurator Jim Supangkat menuturkan takjub terhadap kumpulan gambar di tengah bidang gambar berskala besar. Semua gambar karya Ramadhan Bouqie terbilang unik karena tidak ada pola gambar yang diulang. "Setiap gambar memperlihatkan ide, makna, dan pesona sendiri. Seperti setiap kata pada sebuah puisi," tuturnya.

Kepala Galeri Nasional Indonesia Tubagus Andre Sukmana berharap bisa meningkatkan minat dan apresiasi masyarakat dalam mengenal berbagai hasil kreativitas para perupa Indonesia melalui berbagai media, teknik, dan wujud visualisasinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro