Ilustrasi/Reuters-Kim Kyung-Hoon
Health

Berikut Olahraga Ringan yang Tepat Bagi Anda yang Menderita Asma

newswire
Kamis, 5 November 2015 - 07:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Sekalipun pada sejumlah kasus olahraga bisa memicu serangan asma, namun demi menjaga kebugaran, penderita asma perlu melakukan olahraga yang sifatnya ringan seperti bermain voli, softbol.

"Olahraga dengan latihan yang tidak berat tetapi bisa buat happy, seperti voli, softbol. Olahraga jarak menengah yang tidak memerlukan banyak lari," ujar spesialis paru dan pernapasan, dr. Prasenohadi, SpP, di Jakarta, Rabu.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, dr. Ratnawati, MCH, SpP(K), membenarkan bahwa terkadang berolahraga bisa menimbulkan sesak pada penderita asma. Kondisi ini, kata dia, disebut dengan "exercise-Induced Asthma" atau munculnya gejala asma saat melakukan olahraga. "Tetapi kalau ditatalaksana baik, bisa menghindari serangan.

Bisa menggunakan obat pelega 10-15 menit sebelum olahraga," kata dia. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 lalu menyebutkan, prevalensi asma di Indonesia mencapai 4,5 persen dari penduduk Indonesia.

Sejumlah faktor seperti asap rokok, polusi udara, ditambah riwayat genetika, hiperaktivitas bronkus, ditenggarai menjadi risiko kejadian asma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro