Gorengan kerap dibungkus dengan kertas koran/Istimewa
Health

Bahaya Kertas Koran Sebagai Pembungkus Makanan

Newswire
Sabtu, 7 November 2015 - 07:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Pemerhati industri kertas, Muhammad Adjidarmo, mengingatkan kepada masyarakat luas untuk mewaspadai penggunaan kertas sebagai pembungkus makanan.

SIMAK: Foto-foto Pemenang Kontes Kecantikan Transgender Sedunia

"Kertas bekas termasuk koran dan majalah seharusnya tidak digunakan untuk membungkus bahan pangan secara langsung karena mengandung timbal yang jika terakumulasi dalam tubuh dapat berisiko membahayakan kesehatan," ujar Adjidarmo di Jakarta, Jumat (6/11/2015).

SIMAK: Inilah Transgender Tercantik Sedunia: Trixie Maristela

Sayangnya, hingga saat ini masih banyak ditemukan makanan jajanan seperti gorengan yang dibungkus dengan kertas bekas, padahal bahan yang panas dan berminyak akan mempermudah berpindahnya timbal ke makanan tersebut.

SIMAK: Barbie dan Ken Pamerkan Seragam Awak Kabin Qantas

Bahkan jenis bahan pangan, konsentrasi, waktu kontak, serta luas permukaan kontak juga turut memicu migrasi. Salah satu penyebab maraknya penggunaan kertas non kemasan adalah karena kurangnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan efek samping yang ditimbulkan.

Selain itu, kertas nasi bungkus berwarna cokelat dan karton duplex adalah jenis kemasan pangan primer berbahan kertas yang paling lazim digunakan sebagai kemasan nasi kotak, kotak kudapan, dan nasi bungkus.

"Karton duplex dan kertas nasi bungkus berwarna cokelat terbuat dari kertas daur ulang yang mungkin sudah terkontaminasi dan mengandung tinta cetak, perekat, lilin, bahan pencelup, serta bahan-bahan kimia lainnya," terang dia.

Dia menambahkan, kemasan pangan yang aman berbasis kertas adalah karton "food grade" yang tidak akan tembus minyak.

"Kemasan pangan berkategori "food grade" aman dan layak digunakan karena 100 persen terbuat dari serat alami, sehingga berwarna putih bersih, tidak berbintik-bintik, serta bebas dari kandungan bakteri dan senyawa berbahaya seperti benzene dan styrene (bahan baku styrofoam). Dari segi lingkungan juga bersifat ramah lingkungan karena terbuat dari serat alami yang mudah terurai," jelas Adjidarmo.

Oleh karena itu, masyarakat dapat lebih waspada ketika membeli produk makanan yang masih menggunakan kertas daur ulang dan beralih menggunakan kemasan pangan berbahan aman makanan yang dapat menjamin kualitas makanan agar tidak rusak serta menjaga kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro