Ilustrasi/wikipedia
Health

GANGGUAN BIPOLAR: Bicara Terus Menerus Dengan Gagasan Melompat-Lompat

Nurudin Abdullah
Selasa, 24 November 2015 - 17:52
Bagikan

Bisnis.com, TANGSEL-Prilaku seseorang yang sangat enerjik dalam baraktivitas dan berbicara dengan suka cita untuk berbagai gagasan yang melompat-lompat hendaknya patut diwaspadai sebagai gangguan kejiwaan.

Yenny DP, Spesialis Kedokteran Jiwa RS Premier Bintaro, Tangerang Selatan, mengatakan prilaku seseorang yang demikian itu hingga sanggup tidak tidur berhari-hari merupakan gejala manik dalam kasus gangguan mood dengan dua kutup yang berbeda yaitu bipolar.

“Bipolar merupakan gangguan mood atau suasana perasaan/hati yang kronis dan berat yang bersifat episodik dan ditandai oleh gejala-gejala manik, hipomanik, depresi, dan campuran gelaja tersebut,” katanya, Selasa (24/11/2015).

Dia menyampaikan hal itu dalam seminar kesehatan untuk umum bertema Kenali gangguan bipolar yang diselenggarakan Perkumpulan Bakti Sosial Ibu-ibu Bintaro Jaya, Titan Center dan RS Premier, di Gedung Titan Center, Bintaro Tangsel.  

Yenny, psikater dan staf pengajar di Fakultas Kedokteran UPN, menjelaskan gejala hipomanik lebih parah dari manik karena penderitanya sudah tidak bisa lagi membedakan mana baik dan yang buruk atau merugikan orang lain atau tidak dalam mencapai kesenangan dirinya.

Sebaliknya, gejalan depresi yang tidak terkendali dirasakan penderita bipolar antara lain disebabkan karena tekanan hidup yang sangat berat sehingga merasa tidak berdaya, hidupnya tidak berguna, tidak bersemangat, dan bahkan ingin bunuh diri.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro