Rio Dewanto/Antara
Entertainment

Rio Dewanto Raih Penghargaan Penggiat Pangan Lokal Karena Kecintaannya Pada Kopi

Duwi Setiya Ariyanti
Rabu, 25 November 2015 - 18:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Aktor Rio Dewanto yang mencintai kopi asal Indonesia mendapat penghargaan Penggiat Pangan Lokal dari acara Konvensi Kopi, Teh dan Cokelat Indonesia 2015.

Adapun, acara itu didukung Kementerian Pariwisata RI, Kementerian Pertanian RI dan Kementerian Perindustrian RI. Rio adalah satu di antara empat Tedja Wahyu, Tazbir, A. Syafrudin dan Coklat Bombana. Sejak memerankan karakter Jody dalam film Filosofi Kopi karya Angga Dwimas Sasongko, aktor Rio Dewanto semakin mencintai kopi, khususnya kopi Indonesia.

Karakter tersebut membawa Rio semakin dekat dengan hasil petani kopi lokal. Dia pun melihat banyak orang belum memandang petani kopi. Bahkan, anak petani tak ada yang mau meneruskan pekerjaan tersebut. “Semenjak memiliki kedai Filosofi Kopi, saya menjadi lebih peduli kepada petani Indonesia. Kalau kita lihat ke daerah penghasil kopi, sudah sangat sedikit generasi petani kopi. Banyak anak petani kopi yang lebih memilih urbanisasi, nggak meneruskan menjadi petani kopi," ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Bisnis.com, Rabu (25/11/2015).

Setelah beberapa kali berkunjung ke perkebunan kopi di Indonesia, terdapat hal yang harus dibenahi. Dengan demikian, penghargaan tersebut mendorongnya untuk berkontribusi lebih demi kesejahteraan petani kopi. "Penghargaan ini mendorong saya untuk kian berkontribusi kepada masyarakat, terutama dalam hal peningkatan kesejahteraan para petani kopi," katanya.

Produksi kopi Indonesia baru mencapai 800 kilogram per hektare. Angka itu masih tertinggal dari Vietnam yang mampu menghasilkan 2,3 ton per hektare dan Brasil 8 ton per hektare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro