Sebaiknya mengganti popok anak tiga jam sekali./JIBI
Health

POPOK ANAK: Sebaiknya Diganti Setiap Tiga Jam

Reni Efita
Rabu, 25 November 2015 - 21:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- PT Kao Indonesia melalui brand popok bayi Merries memberi inspirasi kepada para ibu tentang  Pola Pengasuhan Anak yang Baik dengan Mempelajari Hal-Hal Positif dari Japanese Parenting.

Psikolog anak Vera Itabiliana Hadiwidjojo,. berbagi pengalaman dan wawasan dalam menyikapi perilaku serta menanamkan nilai-nilai positif pada anak sejak dini, dengan mengacu pada metode pengasuhan orang tua kepada anak-anaknya di Jepang.

Usia batita merupakan waktu yang sangat penting untuk membentuk pola pikir dan perilaku anak. Karena itu, dibutuhkan cara pengasuhan yang tepat yang menekankan pada kedekatan anak dengan orang tua dan kedisiplinan seorang ibu untuk kebaikan anaknya.

“Tidak memanjakan serta mengajarkan kemandirian sejak dini adalah dasar dari semua metode sukses dalam mendidik anak kita. Maka dari itu, kita perlu mempelajari bagaimana orang tua di Jepang menanamkan nilai-nilai positif seperti kemandirian, disiplin, ketertiban, tanggung jawab, dan empati kepada anak mereka, dan hal ini harus dimulai dari orang tua,” kata Vera.

Umumnya ketika anak memasuki usia satu tahun, orang tua menjumpai fase tantrum atau marah, di mana anak akan menangis ketika menginginkan sesuatu. Perlu diingat bahwa hal ini merupakan bentuk ekspresi serta komunikasi anak, sehingga ibus tidak perlu langsung khawatir.

Salah satu hal yang dapat langsung dilakukan adalah mengecek popok anak karena bisa jadi tangisan mereka disebabkan karena rasa tidak nyaman akibat popok yang dipakai sudah penuh, bocor, atau menimbulkan iritasi.

Di Jepang, pada umumnya para ibu akan mengganti popok anak mereka setelah 2 – 3 jam, tanpa perlu menunggu sampai popok tersebut penuh atau bocor.

Kedisiplinan ibu dalam mengganti dan memberikan perhatian pada pola peggantian popok juga merupakan hal yang fundamental dalam menularkan nilai-nilai positif kepada anak secara tak langsung.

 “Menurut survei yang kami lakukan pada tahun 2014, 43% bayi di Indonesia yang memakai popok cenderung mengalami iritasi kulit karena kulit bayi bergesekan dengan permukaan popok yang kasar serta kondisi lembab di dalam popok karena cairan belum terserap baik oleh popok tersebut serta kurangnya sirkulasi udara pada popok tersebut,” ungkap Maria Rosita Leonardi, Associate Senior Manager Baby Diapers dari PT Kao Indonesia, dalam rilisnya, Rabu (25/11/2015)..

Merries telah mengembangkan metode unik untuk membantu orang tua memilih popok sekali pakai yang baik dan mencegah iritasi pada bayinya, Usagi (Usapan Cegah Iritasi) yaitu dengan:

1. Usap popoknya. Jika terasa lembut, popok baik untuk kulit sensitif.

2. Usap kulitnya. Jika kulitnya tetap kering, berarti daya serapnya baik.

3. Usap pinggangnya. Jika tak berbekas di kulit, berarti lingkar popoknya lembut. Jika kulit bayi tak berkeringat, maka sirkulasi udaranya baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro