Pameran Kerja. /
Relationship

Tips Pelamar Kerja Agar Dilirik Perusahaan Besar

Yulianisa Sulistyoningrum
Minggu, 29 November 2015 - 14:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Ketika surat lamaran sudah rapi, menarik, lengkap dengan informasi dan siap dikirimkan ke perusahaan yang dituju, harapan Anda selanjutnya tentu saja mendapatkan panggilan kerja. Namun demikian, semakin banyaknya pesaing menyulitkan kesempatan Anda untuk dilirik oleh perusahaan.

Setiap harinya perusahaan menerima ratusan hingga ribuan surat lamaran. Jika Anda tidak memiliki pengalaman, kemampuan hingga kepribadian yang tepat, jangan harap Anda akan dilirik oleh perusahaan besar.

Jangan menyerah, tips ampuh dari Eugenia Sawa, Staffing Manager di Microsoft bisa juga dilakukan untuk menarik perhatian dari perusahaan impian Anda, seperti dilansir dari Brazen Careerist.

  1. Usahakan untuk tampil secara profesional secara langsung maupun secara online. Informasi yang lengkap mulai dari foto profil hingga pengalaman pekerjaan, prestasi yang diraih hingga informasi pendukung lainnya menentukan untuk kemudian perusahaan akan melirik Anda.
  2. Upayakan apa yang Anda tuliskan di surat lamaran kerja sesuai dengan penampilan dan pembawaan Anda saat interview dengan bagian HR perusahaan, mulai dari keterampilan, prestasi, kepribadian dan hal-hal pendukung lainnya.
  3. Gunakan media sosial untuk mempromosikan pengalaman dan niat Anda untuk melamar pekerjaan. Saat ini banyak bagian HR di perusahaan hingga head hunter mencari informasi melalui media sosial. Karena itu, pergunakanlah media sosial dengan baik.
  4. Manfaatkan dan cobalah untuk meng-update Linkedin profil Anda sesering mungkin. Semakin Anda aktif di Linkedin, semakin besar profil Anda dicari oleh perusahaan. Linkedin juga kerap menyediakan beberapa informasi dari perusahaan yang sedang mencari posisi tertentu sesuai dengan pengalaman hingga latar belakang Anda. Jelajahi lebih banyak Linkedin dan rasakan manfaatnya.
  5. Perbarui pengalaman kerja, prestasi hingga penghargaan yang telah Anda dapatkan selama bekerja. Hal ini berguna ketika Anda membutuhkan CV atau surat lamaran ke perusahaan yang Anda inginkan, jangan sampai ketika waktu sudah mendesak Anda belum memperbarui surat lamaran Anda ke perusahaan yang Anda incar.
  6. Buatlah target untuk karier Anda setiap tahunnya. Hal ini penting untuk akutanbilitas Anda sebagai seorang profesional. Apakah Anda ingin mencari kerjaan yang baru? Apakah Anda berencana untuk mengambil kursus atau pelatihan untuk mengembangkan kemampuan Anda atau lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro